alexametrics

Deteksi Kadar Kolesterol Tinggi, Cek Bintik-bintik Putih pada Bibir

Irwan Febri Rialdi | Shevinna Putti Anggraeni
Deteksi Kadar Kolesterol Tinggi, Cek Bintik-bintik Putih pada Bibir
Ilustrasi Bibir (Unsplash/Timothy Dykes)

Kadar kolesterol tinggi dalam darah bisa menimbulkan gejala berupa bintik-bintik putih pada bibir.

Suara.com - Kolesterol adalah zat lemak dalam tubuh yang berperan penting untuk membangun struktur membran sel dan membantu metabolisme. Tapi, zat lemak yang terlalu banyak bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Padahal kadar kolesterol tinggi secara konsisten bisa menyumbat arteri, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Sayangnya, kadar kolesterol tinggi seringkali tidak terdeteksi.

Sebab, gejala kolesterol tinggi cukup tidak jelas. Tapi, kadar kolesterol tinggi terkadang bisa menggelmbung hingga ke permukaan tubuh, salah satunya area bibir.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal penelitian gigi menunjukkan butiran Fordyce (FGs) di di bibir bisa menandakan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Butiran Fordyce adalah bintik-bintik kecil dan putih yang bisa muncul di bibir.

Baca Juga: Program UVHC Dampingi Pasien Covid-19 Lakukan Isolasi Mandiri, Ini Harapan Ganjar

Penelitian ini pun bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan potensial antara deteksi FG dan peningkatan kadar kolesterol. Para peneliti pun membagi peserta menjadi dua kelompok, yang mana kelompok pertama terdiri dari individu dengan FG dan kelompok kedua yang tidak memiliki FG.

Semua peserta disarankan untuk berpuasa 9 sampai 12 jam sebelum menjalani pemeriksaan mulut yang komprehensif. Peneliti juga mengambil sampel darah peserta dan diuji untuk profil lipid lengkap.

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Shutterstock)
Ilustrasi kolesterol tinggi. (Shutterstock)

Profil lipid adalah tes darah yang dapat mengukur jumlah kolesterol dan timbunan lemak lainnya dalam darah Anda. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang dengan profil lipid yang tinggi cenderung memiliki risiko FG tertinggi.

Cara mendeteksi kolesterol tinggi

Secara umum, kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala. Kondisi ini bisa didiagnosis melalui tes darah. Dokter biasanya akan menyarankan tes darah jika pasien diduga memiliki kadar kolesterol tinggi.

Baca Juga: Thailand Gunakan Ramuan Tradisional untuk Pasien Covid-19 Bergejala Ringan

Tapi, NHS mengatakan usia, berat badan, tekanan darah tinggi dan diabetes bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Karena itu, NHS menyarankan orang usia 40 tahun ke atas, kelebihan berat badan dan memiliki riwayat jantung dalam keluarga untuk cek kolesterol.

Komentar