alexametrics

Bantu Sistem Pencernaan Lebih Lancar, Lakukan 5 Kebiasaan Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Bantu Sistem Pencernaan Lebih Lancar, Lakukan 5 Kebiasaan Ini!
Ilustrasi pencernaan (shutterstock)

Beberapa kebiasaan tidur hingga makan bisa membantu memperlancar sistem pencernaan.

Suara.com - Ada banyak kebiasaan dan pola makan yang bisa memengaruhi sistem pencernaan kita tanpa disadari. Contohnya ketika kita makan lebih banyak kubis yang menyebabkan kram dan kembung.

Hal itu terjadi karena gula dalam makanan tersebut tidak bisa dicerna baik oleh perut kita. Tapi, kebiasaan tidur dan makanan tertentu bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan pencernaan.

Bahkan, tingkat stres atau kecemasan yang tinggi dapat mengganggu sistem pencernaan kita. Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa cara yang bisa membantu memperlancar pencernaan.

1. Tidur miring ke kiri

Baca Juga: FDA Sarankan Suntikan Booster Vaksin Covid-19 bagi Lansia

Lambung dan pankreas terletak di sisi kiri tubuh dan merupakan bagian dari sistem pencernaan. Berbaring miring ke kiri bisa membantu makanan dari perut Anda lebih mudah masuk ke usus kecil.

Tidur miring ke kiri juga bisa meningkatkan pelepasan enzim pankreas, yang bertanggung jawab untuk memecah makanan. Tidur miring ke kiri juga mengurangi risiko sakit maag.

Ilustrasi tidur (pexels.com/Francesca Zama).
Ilustrasi tidur (pexels.com/Francesca Zama).

2. Makan lebih banyak serat dan makanan fermentasi

Serat membantu menjaga pergerakan usus tetap teratur dan normal. Sebagian besar makanan berserat tinggi juga rendah gula, lemak, dan kalori, sehingga lebih sehat. at, kacang-kacangan, atau buah adalah sumber serat yang baik.

Anda juga dapat menambahkan makanan fermentasi ke dalam diet Anda. Karena beberapa jeni yogurt putih polos mengandung probiotik, yaitu bakteri baik untuk usus yang umumnya adalah bifidobacteria dan lactobacillus.

Baca Juga: Sudah Menopause, Wanita Ini Alami Pendarahan Vagina Usai Vaksin Covid-19

Bakteri baik tersebut bisa memperbaiki beberapa masalah pencernaan dan mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar.

3. Hindari makanan yang sulit dicerna

Makanan berminyak dan berlemak seperti burger keju, kentang goreng, atau pizza dapat membuat Anda merasa kembung selama berjam-jam. Karena, tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna.

Jenis makanan ini juga dapat meningkatkan gas perut, kram, atau gangguan pencernaan. Makanan ini juga bisa mempengaruhi kemampuan kita untuk fokus. Jadi, ada baiknya menjalani diet seimbang dengan mengonsumsi buah, sayuran dan daging tanpa lemak.

Tapi, hati-hati karena beberapa sayuran bisa menyebabkan masalah gas akibat mengandung gula kompleks, seperti kubis. Dalam hal ini, roti panggang salah satu makanan yang bisa membantu pencernaan karena kandungan pati yang bisa mengatasi diare.

4. Makan sambil duduk

Saat Anda makan sambil berjalan, tanpa disadari hal ini membuat Anda cenderung makan lebih banyak karena lupa dengan porsinya dan perut lebih cepat kosong.

Saat kita makan sambil duduk, sirkulasi darah kita membaik. Bahkan makan bersila memiliki lebih banyak manfaat karena mengurangi tekanan darah di sekitar jantung dan memungkinkan pencernaan makanan yang tepat.

5. Minum air

Air membantu memecah makanan yang kita makan, sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan dengan lebih baik. Minum air juga bisa membantu pencernaan lebih lancar dan mengatasi sembelit. Bahkan minum air saat makan juga bisa membantu mengontrol porsi makan Anda.

Komentar