alexametrics

Makan Daging Setiap Hari, Sehat Tidak Ya?

Yasinta Rahmawati
Makan Daging Setiap Hari, Sehat Tidak Ya?
Ilustrasi. (Shutterstock)

Sehat atau tidaknya makan daging setiap hari juga akan sangat bergantung pada cara pengolahannya.

Suara.com - Daging dikenal sebagai asupan kaya protein yang mengenyangkan. Di sisi lain, makan daging memberi manfaat nutrisi untuk produksi otot hingga hormon dan antibodi.

Terlepas dari manfaatnya, makan daging setiap hari atau sering mengonsumsinya mungkin menimbulkan kekhawatiran akan memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

Tapi menurut ahli, tidak apa-apa untuk makan daging setiap hari. Dengan catatan, Anda memilih daging yang sehat dan memadukannya dengan makanan bergizi lainnya.

Di sisi lain, seberapa sehat atau tidaknya makan daging setiap hari akan sangat bergantung pada cara pengolahan dan seberapa banyak yang Anda makan.

Baca Juga: Menu Sarapan Pagi yang Lebih Praktis dan Sehat, Perbanyak Konsumsi Buah

"Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak daging atau memilih pilihan berkualitas buruk seperti daging yang diawetkan dan diproses seperti hot dog, daging deli, bacon, dan sosis, maka Anda mungkin melebihi batas natrium dan lemak jenuh untuk hari itu," kata ahli gizi Mia Syn, dikutip dari Livestrong.

Ilustrasi cara simpan daging kurban di kulkas, menyimpang daging sapi (Elemen Envato)
Ilustrasi cara simpan daging kurban di kulkas, menyimpang daging sapi (Element Envato)

Seiring waktu, hal tersebut dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker tertentu.

Namun, jika Anda memilih daging yang tidak diproses, daging tanpa lemak dan porsi yang cukup diimbangi sayur dan buah-buahan, makan makan daging setiap hari dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat.

"Jika kita menjaga daging tetap ramping dan dalam jumlah yang tepat, dan mengisi piring dengan semua makanan nabati lainnya, tidak apa-apa," kata ahli gizi Joan Salge Blake.

Baca Juga: Jaga Pola Makan Secara Teratur, Ini Delapan Makanan yang Bisa Membuat Ceria

Komentar