alexametrics

Jelang Pembelajaran Tatap Muka, Ini yang Bisa Ibu Lakukan Untuk Kurangi Kekhawatiran

Vania Rossa
Jelang Pembelajaran Tatap Muka, Ini yang Bisa Ibu Lakukan Untuk Kurangi Kekhawatiran
Ilustrasi Anak Merindukan Sekolah Tatap Muka (Pixabay)

Beberapa anak telah melakukan pembelajaran tatap muka sejak akhir Agustus lalu.

Suara.com - Pemerintah telah menentukan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka secara terbatas dari tingkat PAUD hingga SMA per 30 Agustus 2021 lalu. Hal ini tentu saja menimbulkan pro dan kontra dari para orangtua.

Sebagian merasa senang melihat anaknya bisa kembali berinteraksi secara langsung dengan guru dan teman-temannya, namun tidak sedikit yang khawatir untuk melepas anaknya kembali belajar di sekolah.

Survei Mama’s Choice selaku produsen produk untuk ibu hamil, menyusui dan anak yang memenangkan kategori parent’s choice di theAsianparent Awards 2021, menunjukkan bahwa 62% orangtua merasa khawatir menjelang pembelajaran tatap muka ini. Sebagian besar merasa khawatir anaknya tertular virus dan penyakit di sekolah.

Dalam online media gathering Mama's Choice “Siap Sekolah Saat Pandemi”, Selasa (28/9/2021), dr. Natasya Ayu Andamari, SpA, memberikan tips tindakan preventif apa yang bisa dilakukan orangtua sebelum anak menghadapi pembelajaran tatap muka.

Baca Juga: Cegah Klaster PTM, Pemerintah akan Random Tes Covid-19 Minimal Sebulan Sekali di Sekolah

Salah satunya adalah melengkapi imunisasi anak.

“Saat ini vaksin memang belum bisa digunakan untuk anak dibawah 12 tahun, tapi orangtua bisa memberikan vaksinasi lengkap yang disarankan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) seperti vaksin influenza” tutur dr. Tasya.

Selain itu, dr. Tasya menambahkan bahwa orangtua harus mempersiapkan segala tindakan preventif untuk anak selama pembelajaran tatap muka, seperti melakukan pemeriksaan kesehatan buah hati secara berkala.

"Penting juga bagi orangtua untuk membatasi circle pertemuan anak. Misal jika anak harus masuk sekolah hari Senin, ya hari Minggunya jangan ajak anak ke pantai atau mal. Jangan sampai ia membawa virus yang bisa ditularkan kepada anak lain," katanya.

Menambahkan tips dari dr. Tasya di atas, Rahne Putri selaku Head of Branding Mama’s Choice juga turut memberi saran bagi para ibu agar lebih siap memberikan izin kepada anak dalam melakukan pembelajaran tatap muka.

Baca Juga: Menteri Nadiem Akui Data Klaster Covid-19 Sekolah Banyak Erornya

1. Ajak anak berdiskusi untuk mengambil keputusan pembelajaran tatap muka
Jelaskan kepada anak mengenai keadaan saat ini serta aturan pembelajaran tatap muka yang harus dipatuhi. Tanyakan pendapatnya apakah memilih mengikuti pembelajaran tatap muka atau tetap mengikuti sekolah daring.

Komentar