alexametrics

Turunkan Risiko Keparahan Gejala Flu, Lakukan 5 Langkah Pencegahan Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Turunkan Risiko Keparahan Gejala Flu, Lakukan 5 Langkah Pencegahan Ini!
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/mohamed_hassan)

Ada beberapa cara untuk menurunkan risiko keparahan gejala flu, mulai dari makan bawang putih hingga tidur cukup.

Suara.com - Pilek adalah infeksi virus ringan pada hidung, tenggorokan dan sinus. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau berair, bersin, batuk dan nyeri serta demam.

Semua gejala pilek itu bisa hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu dan bisa dibantu dengan parasetamol serta ibuprofen. Tapi, flu mungkin bisa lebih buruk pada tahun-tahun ini karena kekebalan tubuh orang yang melemah akibat menurunkan kontak sosial dengan orang lain selama pandemi.

Tapi dilansir dari The Sun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko keparahan gejala pilek, antara lain:

1. Makan bawang putih

Baca Juga: Peneliti Pakai Air Liur untuk Deteksi Infeksi Virus Corona Covid-19 pada Anak

Ahli gizi Cassandra Barns mengatakan bawang putih dapat membantu melindungi sistem kekebalan dan membantu meredakan flu. Karena, bawang putih memiliki sifat perlindungan yang sudah digunakan untuk meningkatkan kekebalan selama berabad-abad.

Karena bertindak sebagai pendukung kekebalan yang kuat, bawang putih membantu meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami dan meningkatkan efisiensi produksi antibodi.

Ilustrasi bawang putih. [Freepik]
Ilustrasi bawang putih. [Freepik]

2. Latihan fisik

Olahraga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda. Dr Marilyn Glenville, ahli gizi dan penulis The Natural Health Bible for Women, mengatakan, olahraga mengurangi dampak hormon stres yang membuat kita lebih rentan terhadap pilek dan flu. Jadi, aktif secara fisik bisa membantu menghilangkan hormon stres yang bisa berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh.

3. Kurangi minum alkohol

Baca Juga: Gejala Radang Amandel dan Virus Corona Covid-19 Mirip, Ini Cara Membedakannya!

Kebanyakan minum alkohol bisa menekan sistem kekebalan tubuh. Pada gilirannya, hal ini akan membuat tubuh lebih mudah terserang kuman dan penyakit. Apalagi, minuman beralkohol juga mengandung cukup banyak gula.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

4. Kelola stres

Saat Anda stres, lebih sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi penyakit. Cassandra mengatakan stres bisa menekan sistem kekebalan tubuh. Jadi, luangkan waktu untuk relaksasi.

5. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup bisa membantu mengatasi kelelahan, karena orang akan lebih rentan terhadap pilek dan flu ketika lelah. Tidur bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk mengisi ulang energi dan memperbaiki sel-selnya.

Saat Anda tidak cukup tidur, Anda akan lebih mudah tersinggung, konsentrasi yang buruk, lelah dan lebih rentan terhadap infeksi. Karena, tubuh Anda tidak memiliki kekuatan untuk melawan ancaman penyakit tersebut.

Komentar