alexametrics

Amankah Suntik Vaksin Flu dan Booster Vaksin Covid-19 Bersamaan?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Amankah Suntik Vaksin Flu dan Booster Vaksin Covid-19 Bersamaan?
Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pixabay)

Selain suntikan vaksin Covid-19, orang-orang juga disarankan mendapatkan vaksin flu untuk menghindari twindemic.

Suara.com - Flu musiman yang muncul di tengah pandemi virus corona Covid-19 telah dikhawatirkan akan menyebabkan twindemic. Karena itu, para ahli telah menyarankan semua orang untuk suntik vaksin flu dan vaksin Covid-19.

Vaksin Covid-19 berfungsi melindungi Anda dari infeksi parah virus corona Covid-19. Sedangkan, vaksin flu membantu melindungi orang dari risiko sakit parah akibat flu.

Para ahli berpendapat orang-orang harus suntik vaksin flu, karena pandemi virus corona Covid-19 ini membuat kekebalan mereka menurun untuk melawan flu musiman.

Penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang berisiko menderita parah, bila terinfeksi virus corona Covid-19 sekaligus flu secara bersamaan.

Baca Juga: Gejala Radang Amandel dan Virus Corona Covid-19 Mirip, Ini Cara Membedakannya!

Tapi, sekarang ini di Inggris banyak orang telah ditawari suntikan booster vaksin Covid-19. Pada waktu bersamaan, orang-orang juga ditawari untuk suntik vaksin flu.

Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pexels// Artem Podrez)
Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pexels// Artem Podrez)

National Health Service (NHS) Inggris mengatakan bahwa aman untuk mendapatkan vaksin flu dan suntikan booster secara bersamaan.

"Suntik vaksin flu dan vaksin Covid-19 akan memberikan perlindungan bagi Anda dan orang di sekitar dari ancaman kedua penyakit serius tersebut," kata NHS dikutip dari Express.

Suntikan booster vaksin Covid-19 sendiri ditujukan pada orang yang paling berisiko, yakni orang usia 50 tahun ke atas, orang yang tinggal dan bekerja di panti jompo.

Petugas kesehatan, petugas perawatan sosial, orang suia 16 tahun ke atas dengan masalah kesehatan serius dan pengasuh pasien berisiko tinggi juga mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

Baca Juga: Ahli Prediksi Flu dan DBD Bisa Picu Gelombang Ketiga Virus Corona Covid-19

NHS mengatakan kebanyakan orang yang mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19 juga sudah mendapat suntikan vaksin flu tahunan. Waktu terbaik untuk mendapatkan vaksin flu adalah pada musim gugur atau awal musim dingin, sebelum flu mulai menyebar.

Jika Anda sudah pernah terinfeksi virus corona Covid-19, suntik vaksin flu juga tetap aman dan efektif mencegah flu musiman. Umumnya, vaksin flu membutuhkan waktu 10 hingga 14 hari untuk bekerja.

Anda harus mendapatkan vaksin flu jika Anda sedang hamil untuk membantu melindungi Anda dan bayi Anda,” tambah NHS.

Jika Anda demam tinggi, NHS menyarankan Anda menunjukkan kondisi lebih membaik sebelum mendapatkan vaksin flu. Kebanyakan orang dewasa bisa mendapatkan suntikan vaksin flu, kecuali mengalami reaksi alergi serius.

Anda berisiko mengalami reaksi alergi serius akibat suntik vaksin flu, bila Anda memiliki alergi telur. Jadi, pastikan vaksin flu yang akan disuntikan ke dalam tubuh tidak mengandung allergen tersebut.

Sebagian besar efek samping vaksin flu juga bersifat ringan dan berlangsung selama sekitar 1 hari. Efek samping vaksin flu ini, meliputi nyeri otot dan lengan yang sakit di area suntikan.

Sedangkan, efek samping suntikan booster vaksin Covid-19 juga mirip dengan dosis sebelumnya, termasuk rasa sakit, perasaan berat dan nyeri tekan di lengan yang disuntik.

Komentar