alexametrics

Jangan Asal Minum Vitamin, Ini Syarat Suplemen Vitamin C yang Baik untuk Kesehatan

M. Reza Sulaiman
Jangan Asal Minum Vitamin, Ini Syarat Suplemen Vitamin C yang Baik untuk Kesehatan
ilustrasi suplemen vitamin C. (Shutterstock)

Vitamin C memang diketahui memiliki manfaat baik terhadap imunitas dan sistem kekebalan tubuh. Namun sembarangan mengonsumsi vitamin C juga bisa menyebabkan masalah lambung,

Suara.com - Konsumsi vitamin C melalui vitamin dan suplemen meningkat di masa pandemi Covid-19. Vitamin C memang diketahui memiliki manfaat baik terhadap imunitas dan sistem kekebalan tubuh.

Nutrisionis Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.K Kes, pengurus Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) mengatakan bahwa ada alasan mengapa vitamin C merupakan zat gizi esensial yang perlu didatangkan dari luar tubuh.

"Selain berperan sebagai antioksidan dan meningkatkan penyerapan mineral seperti kalsium dan zat besi, vitamin C memiliki lima peran spesifik terhadap imunitas," tutur Rita dalam keterangan pers yang diterima Suara.com.

Ia menjelaskan kelima peran tersebut sebagai berikut:

Baca Juga: Jangan Asal, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Konsumsi Vitamin C

  1. Memindahkan neutrofil (sel darah putih yang membantu melawan infeksi) ke jaringan yang terinfeksi sehingga infeksi segera bisa diatasi.
  2. Mempercepat produksi sitokin sebagai bahan pesan utama untuk tubuh terinfeksi atau tidak.
  3. Mengaktivasi kerja sel darah putih dalam memakan bakteri atau antigen lainnya.
  4. Mempercepat pertambahan jumlah sel B dan sel T (imunoglobulin) yang bertugas mengingat struktur virus tertentu.
ilustrasi vitamin C. (Shutterstock)
ilustrasi vitamin C. (Shutterstock)

"Jadi intinya, di masa pandemi atau bukan, vitamin C berperan dalam pertahanan tubuh dan kita tidak boleh berada dalam kondisi defisiensi vitamin C,” papar Rita.

Namun ternyata tidak sembarangan vitamin C bisa dikonsumsi agar manfaatnya bisa didapatkan oleh tubuh. Alih-alih memperkuat imunitas, vitamin C juga bisa menyebabkan masalah lambung pada orang-orang tertentu.

Rita menjelaskan bahwa pada sejumlah produk, vitamin C diikan dengan asam askorbat murni dan berpotensi meningkatkan asam lambung.

Ia juga menganjurkan untuk tidak mengonsumsi vitamin C yang mengandung soda dalam kemasannya. Sebab menurut Rita, semakin banyak zat campuran yang dalam suatu produk, semakin tinggi risiko mengalami efek yang tidak diinginkan.

“Sebenarnya kan kita tidak memerlukan zat lain selain yang kita cari, apalagi jika ada efek negatif dari kelebihan kelebihan zat pengawet ataupun tambahan soda. Kemudian perhatikan juga
dosisnya dan teknologi farmasi yang digunakan. Apakah keasamannya telah diolah agar lebih rendah. Itu semua perlu dipelajari agar kita bisa mengambil keputusan dengan tepat,” jelasnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Vitamin D Selain Menyehatkan Tulang, Mencegah Kanker hingga Depresi

Untuk menjawab kebutuhan inilah, KALBE Nutritionals menghadirkan produk baru HiC1000 sebagai alternatif suplemen vitamin C drink yang lebih sehat untuk masyarakat dan tidak memicu risiko pada kesehatan pencernaan dan sistem-sistem lainnya di tubuh kita.

Komentar