alexametrics

Mengaku Jarang Sakit Masuk Angin, Ini Rahasia Sehat Kak Seto

Vania Rossa | Lilis Varwati
Mengaku Jarang Sakit Masuk Angin, Ini Rahasia Sehat Kak Seto
Kak Seto ketika sedang memanjat sebuah tebing di Bandung. [Instagram Kak Seto]

Meski saat ini usianya sudah 70 tahun, Kak Seto masih tetap aktif olahraga setiap hari.

Suara.com - Siapa pun mungkin setuju kalau perawakan Psikolog Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto tampak awet muda. Bukan hanya terlihat dari penampilan, Kak Seto juga tetap aktif secara fisik, bahkan kerap kali membagikan kegiatan parkur di media sosial.

Aksi tidak bisa diam itu ternyata sudah jadi kebiasaan Kak Seto sejak kecil. Pencipta karakter Si Komo itu mengatakan, meski saat ini usianya sudah 70 tahun, ia tetap aktif olahraga setiap hari.

"Kalau pagi masih push up 80 kali, kadang yoga nggak bisa keluar, lompat-lompat minimal 50 kali, kadang juga kemudian memperagakan gerakan gaya Jakie Chan, salto, koprol. Jadi bergerak terus," cerita Kak Seto saat webinar Hari Osteoporosis bersama Anlene, Selasa (19/10/2021).

Bukan hanya berolahraga, Kak Seto juga selalu mengusahakan dirinya lebih banyak berdiri daripada duduk. Ia merasa, karena kebiasaan bergerak itulah yang membuatnya jadi jarang sakit.

Baca Juga: Kak Seto: Orangtua Perlu Hargai Potensi Anak demi Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

"Kebiasaan bergerak itu keuntungannya badan jadi lebih segar, hampir tidak pernah masuk angin, dan pikiran juga jadi lebih segar, lebih produktif," imbuhnya.

Baginya, aktivitas menggerakan badan bukan jadi keharusan melainkan kebutuhan. Sejak masih anak-anak, Kak Seto dikenal tidak bisa diam. Hingga orangtuanya sengaja mengikutsertakan Kak Seto dalam berbagai kegiatan olahraga.

"Orangtua saya mengambil sisi positif itu dengan menyalurkan kegiatan dari olahraga bermain bola. Kemudian latihan silat, kungfu, kemudian lari, saya ingat usia 9 tahun, kelas 3 SD rata-rata sudah 3-4 kilo (berlari)," cerita Kak Seto.

Komentar