alexametrics

Shandy Aulia Sarankan Patah Hati Untuk Turunkan Berat Badan, Apa Efek Kesehatannya?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Shandy Aulia Sarankan Patah Hati Untuk Turunkan Berat Badan, Apa Efek Kesehatannya?
Unggahan Instagram Story Shandy Aulia. (Instagram)

Psikolog benarkah bahwa patah hati bisa menurunkan berat badan.

Suara.com - Melalui unggahan di Instagram Story-nya, @shandyaulia, Shandy Aulia mengatakan patah hati bisa menurunkan berat badan.

"Pagi, timbangan 46 (kilogram). Mau turun berat badan? Coba, deh, patah hati," tulisnya seperti dikutip Suara.com, Rabu (20/10/2021).

Tapi benarkah patah hati benar-benar bisa menurunkan berat badan?

Psikolog sekaligus pakar stres di New York, dr. Dan Guerra membenarkan jika patah hati bisa menurunkan berat badan, ini karena orang tersebut mengalami stres.

Baca Juga: Baru Putus Cinta, Perempuan Ini Malah Dapat Kue Bergambar Benda Tajam

"Yang benar adalah beberapa orang mengalami penurunan berat badan saat stres, dan yang lainnya mengalami penambahan berat badan. Hal ini berkaitan dengan metabolisme tubuh saat memproses stres, secara psikologis," tutur Guerra mengutip Verywell Fit, Rabu (20/10/2021).

Berpraktik di tempat yang sama, dr. Dana Gionta yang menjelaskan bahwa kesedihan dan depresi bisa memperlambat metabolisme tubuh, sehingga tubuh hanya butuh sedikit makanan, yang akhirnya mengubah pola makan karena nafsu makan yang berkurang atau bahkan sama sekali menghindari makan.

Tapi cara ini tidaklah sehat, karena saat patah hati pulih, tubuh akan kembali ke pola makan dan bentuk tubuh yang semula.

Di sisi lain, Guerra mengatakan, sangat tidak mungkin mempertahankan pola hidup patah hati yang bisa menurunkan berat badan terus menerus.

Lantaran hal terpenting adalah mempertahankan pola hidup sehat, rutin berolahraga, konsumsi buah dan sayur, cukup istirahat, dan menghindari stres.

Baca Juga: Diisukan Cerai, Pernikahan Shandy Aulia dan David Herbowo Sempat Tak Direstui Ayah

"Saya sarankan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi, untuk menilai berat badan yang optimal untuk Anda," pungkas Guerra.

Komentar