alexametrics

Wajib Tahu, Begini Risikonya Jika Konsumsi Vitamin C Tidak Sesuai Takaran

Bimo Aria Fundrika
Wajib Tahu, Begini Risikonya Jika Konsumsi Vitamin C Tidak Sesuai Takaran
3 Efek Bahaya Kelebihan Vitamin C

Banyak orang juga mengeluhkan konsumsi vitamin C ternyata bisa memicu berbagai gejala dan ketidaknyamanan di lambung.

Suara.com - Selama pandemi Covid-19, banyak orang sebenarnya paham dan percaya vitamin C berperan vital dalam mendukung sistem imunitas kita. Meskipun demikian, banyak orang juga mengeluhkan konsumsi vitamin C ternyata bisa memicu berbagai gejala dan ketidaknyamanan di lambung.

Terlebih  mereka yang memang memiliki kecenderungan gangguan asam lambung. Nutrisionis Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes., pengurus DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) dan Ketua Indonesia Sport Nutritionists Association (ISNA) menjelaskan peran vitamin C sebagai zat gizi esensial yang dibutuhkan tubuh setiap hari dan harus didatangkan dari luar.

"Selain berperan sebagai antioksidan dan meningkatkan penyerapan mineral seperti kalsium dan zat besi, vitamin C memiliki lima peran spesifik terhadap imunitas. Pertama, memindahkan neutrofil (sel darah putih yang membantu melawan infeksi) ke jaringan yang terinfeksi sehingga infeksi segera bisa diatasi. Kedua, mempercepat produksi sitokin sebagai bahan pesan utama untuk tubuh terinfeksi atau tidak," kata Rta.

vitamin C dan D sangat dibutuhkan tubuh pada masa pancaroba saat pandemi ini
vitamin C dan D sangat dibutuhkan tubuh pada masa pancaroba saat pandemi ini

Ia melanjutkan bahwa manfaat ketiga dari vitamin C juga mengaktivasi kerja sel darah putih dalam memakan bakteri atau antigen lainnya. Keempat dan kelima, mempercepat pertambahan jumlah sel B dan sel T (imunoglobulin) yang bertugas mengingat struktur virus tertentu. Jadi intinya, di masa pandemi atau bukan, vitamin C berperan dalam pertahanan tubuh dan kita tidak boleh berada dalam kondisi defisiensi vitamin C.

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Putih, Redakan Asam Lambung hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung

Namun, ternyata konsumsi vitamin C harus tepat, juga tidak sembarang, karena alih-alih memperkuat imunitas, ternyata pada orang tertentu justru bisa memicu permasalahan lain, khususnya jika memiliki lambung yang sensitif. Berikut beberapa faktor yang penting untuk dicermati dalam memilih vitamin C yang layak dikonsumsi setiap hari.

dr. Iwan Dermawan S. Ked., seorang tenaga kesehatan di kota Depok juga menemukan banyak pasien yang mengeluhkan lambungnya perih sesudah minum vitamin C, menunjukan gejala sendawa berkepanjangan atau gejala-gejala tidak nyaman lainnya.

“Perlu diingat bahwa vitamin C memiliki nama lain asam askorbat. Sesuai namanya, maka sifatnya asam dan pada orang tertentu bisa mempengaruhi kondisi asam lambung. ,” tutur dr. Iwan Dermawan.

Komentar