facebook

Jangan Abaikan Warna Lidah Kuning, Bisa Jadi 5 Kondisi Inilah yang Jadi Penyebabnya

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Abaikan Warna Lidah Kuning, Bisa Jadi 5 Kondisi Inilah yang Jadi Penyebabnya
Ilustrasi lidah. [Istimewa]

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan warna lidah menguning.

Suara.com - Kebersihan gigi dan mulut sangat penting untuk menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Kita pun harus memperhatikan setiap perubahan pada mulut, baik pada gigi, gusi hingga lidah.

Dalam hal ini, lidah kuning bisa menunjukkan kondisi mendasar yang lebih serius. Tapi, kebanyakan orang sering mengabaikan perubahan warna lidah tersebut.

Lidah bisa berwarna kuning itu bisa disebabkan oleh lidah kita yang selalu bersentuhan dengan sejumlah zat setiap hari, sehingga bisa meninggalkan rona kuning di lidah.

Dr Paul Ettlinger, GP di The London General Practice mengatakan ada beberapa kemungkinan penyebab lidah seseorang terlihat kuning, termasuk kebersihan mulut yang buruk, merokok tembakau, sariawan, penggunaan obat kumur dan beberapa orang lainnya, seperti antibiotik, lansoprazole, garam bersi dan pengencer darah.

Baca Juga: Tak Lagi Serumah dengan Istri, Rony Dozer Meninggal dalam Kesendirian

"Bernapas melalui mulut juga bisa menyebabkan lidah menguning," kata Dr Paul dikutip darri Express.

Ilustrasi lidah (shutterstock)
Ilustrasi lidah (shutterstock)

Berikut ini, beberapa hal yang bisa menyebabkan lidah berwarna kuning.

1. Kebersihan mulut yang buruk

Membersihkan mulut 2 kali sehari selama 2 menit bisa membantu mencegah Anda memiliki lidah berwarna kuning. Karena, lupa menyikat gigi, flossing dan berkumur secara teratur bisa menyebabkan zat makanan terperangkap di mulut Anda.

Partikel makanan yang terperangkap akan menjadi sarang bakteri pelepas pigmen yang bisa mengubah warna lidah Anda menjadi kuning lebih cepat.

Baca Juga: Rony Dozer Meninggal di Teras Rumah, Diduga Akibat Serangan Jantung

Umumnya, lidah berwarna kuning tidak akan menyebabkan rasa sakit. Karena, kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang terperangkap di lidah, gigi dan gusi Anda.

Komentar