alexametrics

7 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Lengkap dengan Info Kandungan Nutrisi

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Lengkap dengan Info Kandungan Nutrisi
Ilustrasi buah naga. (Pexels.com/Lovefood Art)

Salah satu manfaat buah naga berasal dari tingginya kandungan magnesium dalam buah ini.

Suara.com - Buah naga, juga dikenal sebagai pitahaya atau pir stroberi, adalah buah tropis yang populer karena kulit merah cerahnya dan daging buah yang manis berbintik-bintik. Tampilannya yang unik membuatnya mudah dikenali. Banyak orang segera menyadari apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan,

Berikut 7 manfaat buah naga untuk kesehatan, dilansir dari Healthline.

1. Tinggi Nutrisi

Buah naga rendah kalori tapi dikemas dengan vitamin dan mineral penting. Ini juga mengandung sejumlah besar serat makanan. Berikut adalah ikhtisar nutrisi utama dalam satu cangkir porsi (227 gram):

Baca Juga: 5 Makanan untuk Ibu Hamil, Agar Bisa Menjaga Kesehatan Ibunda dan Janin

  • Kalori: 136
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Besi: 8% dari
  • RDI Magnesium: 18%
  • Vitamin C: 9%
  • Vitamin E: 4%
Ilustrasi buah naga. (shutterstock)

2. Dapat Membantu Melawan Penyakit Kronis

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel sehingga memicu peradangan dan penyakit. Salah satu cara untuk memerangi ini adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga.

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan membantu mencegah penyakit kronis, termasuki penyakit jantung, diabetes, kanker, dan radang sendi. Antioksidan bekerja paling baik bila dimakan secara alami dalam makanan, bukan bentuk pil atau sebagai suplemen. Suplemen antioksidan mungkin malah punya efek berbahaya dan tidak dianjurkan meminumnya tanpa pengawasan dokter.

3. Sarat dengan Serat

Serat makanan adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang memiliki daftar luas manfaat kesehatan potensial. Dokter merekomendasikan 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

Baca Juga: Buat Para Mama! Kenali Gejala Diabetes Pada Anak Sejak Dini

Layaknya antioksidan, suplemen serat tak memberikan manfaat kesehatan yang sama dengan serat dari makanan yang dikonsumsi langsung. Dengan 7 gram per porsi satu cangkir, buah naga adalah sumber serat yang sangat baik.

4. Mempromosikan Usus yang Sehat

Usus merupakan rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang sangat beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Banyak peneliti percaya bahwa komunitas mikroorganisme ini dapat memengaruhi kesehatan Anda.

Baik penelitian pada manusia dan hewan telah mengaitkan ketidakseimbangan dalam usus Anda dengan kondisi seperti asma dan penyakit jantung. Mengingat buah naga mengandung prebiotik, buah naga berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus Anda.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi ditentukan oleh beberapa faktor yang berbeda, termasuk kualitas diet Anda. Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sel darah putih dalam sistem kekebalan Anda menyerang dan menghancurkan zat berbahaya. Namun, mereka sangat sensitif terhadap kerusakan oleh radikal bebas. Sebagai antioksidan yang kuat, vitamin C dan karotenoid mampu menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari ancaman bahaya.

6. Dapat Meningkatkan Zat Besi

Buah naga adalah salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi. Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ini juga berperan penting dalam memecah makanan menjadi energi.

7. Sumber Magnesium yang Baik

Buah naga menawarkan lebih banyak magnesium daripada kebanyakan buah, dengan 18% RDI Anda hanya dalam satu cangkir. Rata-rata, tubuh Anda mengandung 24 gram magnesium, atau kira-kira satu ons.

Itulah berapa manfaat buah naga yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar