facebook

6 Manfaat Vitamin B Complex, Mulai dari Mencegah Migrain hingga Penyembuhan Luka

Yasinta Rahmawati
6 Manfaat Vitamin B Complex, Mulai dari Mencegah Migrain hingga Penyembuhan Luka

Manfaat Vitamin B Complex bisa ditemukan dari sumber makanan hewani.

Suara.com - Pemenuhan kebutuhan vitamin sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama di masa pandemi saat ini. Ada begitu banyak jenis vitamin, salah satunya vitamin B Complex. Berikut ini manfaat vitamin B Complex yang perlu Anda tahu.

Diketahui, vitamin B Complex terdiri dari 8 jenis vitamin yaitu: Vitamin B1 (Thiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B5 (Asam Pantotenat), B6 (Pyridoxine), B7 (Biotin), B9 (Asam Folat) dan B12 (Cobalamin).

Sebagai salah satu vitamin yang larut dalam air selain vitamin C, Vitamin B Complex banyak terdapat dalam makanan sehari-hari, terutama sumber makanan hewani seperti telur, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, daging, gandum dan produk susu.

Vitamin B kompleks memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Melansir dari situs Medical News Today, Jumat (10/12/2021), berikut ini manfaat Vitamin B Complex.

Baca Juga: Benarkah Migran Selalu Berhubungan dengan Gejala Hipertensi?

1. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood

Vitamin B Complex bermanfaat untuk mengurangi kelelahan. Selain itu, bermanfaat juga untuk meningkatkan mood. Sejumlah penelitian menyebutkan, vitamin B kompleks mampu meningkatkan semangat serta meningkatkan kinerja kognitif.

Ilustrasi suplemen dan vitamin. (Shutterstock)
Ilustrasi suplemen dan vitamin. (Shutterstock)

2. Mengurangi Gejala Kecemasan atau Depresi

Meskipun suplemen vitamin B Complex bukanlah obat untuk masalah kesehatan mental, suplemen ini dapat membantu memperbaiki gejala depresi atau kecemasan. Vitamin B juga dapat meningkatkan respons pengobatan bila diberikan dalam kombinasi dengan obat antidepresan.

3. Mencegah Migrain

Baca Juga: Perlu Tahu, Mengenal 8 Jenis Vitamin B Kompleks dan Fungsinya untuk Ibu Hamil

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B tertentu (vitamin B-6, vitamin B-9, vitamin B-12) dapat membantu mencegah migrain. Sejumlah peneliti juga menyampaikan, vitamin B-2 berguna untuk mencegah gejala migrain.

4. Luka Kulit

Vitamin B dapat membantu penyembuhan kulit. Sebuah studi menyebutkan, vitamin ini membantu menyembuhkan luka kulit dengan cara mengolesnya. Bukan hanya itu, studi lain juga menyebutkan bahwa vitamin B-12 membuat luka sembuh lebih cepat pada tikus dengan diabetes.

5. Sariawan

Vitamin B-12 dapat membantu dalam mengobati sariawan. Sebuah studi double-blind menemukan bahwa salep B-12 menghilangkan rasa sakit lebih baik daripada plasebo .

6. Meredakan Gejala PMS

Sejumlah bukti menyampaikan, mengonsumsi gabungan kalsium dan vitamin B-6 membantu memperbaiki gejala PMS (sindrom pramenstruasi). Sebuah tinjauan sistematis serta meta-analisis juga menyebutkan bahwa vitamin B-6 membantu dalam mengendalikan gejala PMS fisik dan psikologis.

Demikian informasi mengenai manfaat vitamin B Complex untuk tubuh yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar