facebook

Tinggi Badan Anak Bisa Diprediksi Sejak Bayi, Ini Dua Cara Menghitungnya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Tinggi Badan Anak Bisa Diprediksi Sejak Bayi, Ini Dua Cara Menghitungnya!
Ilustrasi tinggi badan. (Envato Elements)

Tinggi badan maksimal anak Anda bisa diprediksi sejak awal dengan menerapkan dua metode.

Suara.com - Tinggi badan seseorang memainkan peran penting dalam penampilannya. Seberapa tinggi tubuh Anda juga dipengaruhi oleh tumbuh kembang semasa anak-anak.

Sebagian besar tinggi badan seseorang dipengaruhi secara genetik dan dipengaruhi oleh diet serta latihan fisik.

Selain itu dilansir dari Times of India, ada cacat fisik, keterbatasan dan penyakit yang bisa mempengaruhi tinggi badan seseorang.

Bahkan, gangguan hormonal juga bisa mempengaruhi kemampuan kelenjar pituitari untuk memproduksi hormon pertumbuhan yang dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat.

Baca Juga: Pasien Omicron di Bandung Pernah Isolasi di Wisma Atlet Jakarta Sepulang dari Afrika

Dengan tidak adanya kelainan ini, gambaran kasar tentang tinggi badan seseorang dapat ditentukan dengan menggunakan tinggi badan orang tuanya. Ada beberapa cara untuk memprediksi tinggi badan anak-anak.

Ilustrasi tinggi badan anak. (Envato Elements)
Ilustrasi tinggi badan anak. (Envato Elements)

1. Menggabungkan tinggi badan ibu dan ayah

Anda bisa memprediksi tinggi badan anak dengan cara menambahkan tinggi badan ibu dan ayahnya. Pastikan ukuran tinggi badan keduanya menggunakan satuan pengukuran yang sama, baik dalam inci atau sentimeter.

Kemudian, tambahkan 5 inci untuk memperkirakan tinggi badan anak Anda. Jika Anda memperkirakan tinggi badan anak perempuan, Anda bisa mengurangi 5 inci dari jumlah tinggi badan kedua orangtuanya. Lalu, hasilnya dibagi dengan dua.

2. Ukur tinggi badan anak semasa kecil

Baca Juga: 2 Warga Depok Positif Omicron Usai Berlibur ke Kawasan Puncak Bogor

Metode lain yang populer untuk memperkirakan tinggi badan seorang anak adalah menggandakan pengukuran tinggi badan anak perempuan pada usia 18 bulan. Cara ini bisa membrikan gambaran kasar mengenai tinggi badan yang bisa dicapai anak.

Pada anak laki-laki, Anda bisa menggandakan tinggi badan yang bisa mereka capai pada usia 2 tahun.

Tapi, ingatlah bahwa tinggi badan bisa dipengaruhi oleh gen sehingga membandingkan tinggi badan anak dengan anak orang lain bukanlah hal yang tepat.

Membandingkan tinggi badan anak dengan anak orang lain justru tidak baik bagi mental mereka. Anda harus ingat bahwa setiap anak tumbuh dengan kecepatannya sendiri dan unik secara fisik.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar