facebook

Simak! Dokter Jelaskan Manfaat dan Perbedaan Penggunaan Masker N95, KN95, dan KF94

M. Reza Sulaiman
Simak! Dokter Jelaskan Manfaat dan Perbedaan Penggunaan Masker N95, KN95, dan KF94
Ilustrasi masker N95. (Unsplash)

Belakangan, masker N95 dan KN95 menjadi jenis masker yang paling banyak digunakan masyarakat. Lalu, apa perbedaan kedua jenis masker tersebut dengan masker KF94?

Suara.com - Penggunaan masker alias respirator menjadi kewajiban saat melakukan aktivitas di ruang publik, termasuk saat bekerja di kantor maupun mengunjungi rumah sakit.

Belakangan, masker N95 dan KN95 menjadi jenis masker yang paling banyak digunakan masyarakat. Lalu, apa perbedaan kedua jenis masker tersebut dengan masker KF94 yang sudah lama beredar?

Respirator N95 dan KN95 serupa dengan efisiensi filtrasi sama-sama 95 persen. Perbedaan utama antara keduanya yakni negara atau organisasi mana yang mensertifikasi standar kualitas masker.

N95 bersertifikat NIOSH, sedangkan KN95 menurut catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) diproduksi di China dan memenuhi standar khusus untuk China.

Baca Juga: Viral Cowok Lepas Peel Off Masker Sampai Kumis Ikut Terangkat, Ternyata Pakai Bahan Tak Terduga Ini

ilustrasi masker dua lapis. (Dok. Envato)
ilustrasi masker dua lapis. (Dok. Envato)

Sementara KF94 dengan bentuk berbeda dibandingkan dengan N95 dan KN95 diproduksi di Korea Selatan dan memenuhi persyaratan standar Korea.

Namun, beberapa orang mungkin lebih memilih KN95 dan KF94 untuk penggunaan sehari-hari di lingkungan non-medis. Sementara N95 dapat terasa membatasi bagi sebagian orang karena konstruksi lapisan pelindungnya.

Oleh karena itu, KN95 atau KF94 dikatakan bisa menjadi alternatif bagi mereka yang tidak nyaman memakai N95 untuk jangka waktu yang lama.

"Saya baru-baru ini meningkatkan penggunaan lebih banyak KN95 untuk pengaturan publik dalam ruangan," kata Dr. Sabrina Assoumou, dokter penyakit menular di Boston Medical Center, seperti dikutip dari USA Today, Jumat.

"Jika Anda dapat mengenakan KN95 atau KF94, maka itu sangat membantu karena sedikit lebih nyaman dan dapat ditoleransi," imbuh dia.

Baca Juga: Varian Omicron Melonjak, Begini Tips Pilih Masker yang Efektif

Sebelumnya, CDC mempertimbangkan untuk merekomendasikan orang-orang mengenakan N95 atau KN95 seiring varian Omicron dengan kemampuan penularan yang sangat cepat sehingga memacu rekor tingkat infeksi dan rawat inap.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar