facebook

4 Penyebab Benjolan di Belakang Telinga, Waspadai Ciri-cirinya

Yasinta Rahmawati
4 Penyebab Benjolan di Belakang Telinga, Waspadai Ciri-cirinya
Ilustrasi gambar (freepik)

Benjolan di belakang telinga umumnya berukuran kecil hingga sedang. Penting untuk mengetahui apa saja penyebab benjolan di belakang telinga.

Suara.com - Benjolan di belakang telinga umumnya berukuran kecil hingga sedang. Benjolan di belakang telinga dapat berkembang di mana saja antara bagian atas telinga hingga ke lobus. Benjolan bisa terasa lunak atau keras. Lantas, apa saja penyebab benjolan di belakang telinga?

Diketahui, seseorang yang memiliki benjolan di belakang telinga, mungkin terasa sakit atau nyeri. Namun, beberapa benjolan tidak menyebabkan ketidaknyamanan.

Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab benjolan di belakang telinga, yuk simak ulasannya berikut ini yang dilansir dari situs Verywell Health, Minggu (23/1/2022).

1. Infeksi

Baca Juga: Pakistan Sebut Obat Herbal Asal China Ampuh Mengobati Pasien Covid-19 Ringan hingga Sedang

Anda mungkin melihat benjolan di belakang telinga saat sakit. Jika Anda terkena radang tenggorokan atau infeksi telinga, kelenjar getah bening di belakang telinga Anda bisa menjadi bengkak dan meradang.

2. Infeksi Serius

Infeksi kulit juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Dalam beberapa kasus, kulit yang terinfeksi dapat menyebabkan pertumbuhan yang disebut abses, yang terlihat seperti jerawat besar. 

Infeksi bakteri yang mempengaruhi tulang mastoid di belakang telinga, juga dapat menyebabkan benjolan. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh infeksi telinga tengah yang tidak diobati yang menyebar ke tulang mastoid.

Ilustrasi Telinga (Unsplash/Taisiia Shestopal)
Ilustrasi Telinga (Unsplash/Taisiia Shestopal)

3. Kondisi Kulit

Baca Juga: Cara Mengobati Jamuran Pada Kucing Berdasarkan Penyebabnya

Jika Anda memiliki kondisi kulit tertentu, Anda mungkin merasakan beberapa benjolan atau benjolan di ruang di belakang telinga Anda. Jerawat, kista, dan lipoma semuanya dapat terjadi di area ini.

4. Tumor Jinak atau Ganas

Tumor yang terbentuk di belakang telinga bisa tumor (jinak) atau kanker (ganas). Namun, tumor kanker di belakang telinga ini tidak umum.

Jika Anda memiliki benjolan di belakang telinga dan penyedia layanan kesehatan Anda ingin menyingkirkan kanker, mereka biasanya perlu melakukan biopsi, prosedur yang melibatkan pengambilan sampel jaringan untuk memeriksanya lebih dekat.

Jika Anda menemukan benjolan di belakang telinga Anda, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda perlu mencari perhatian medis untuk itu. Meskipun sebagian besar benjolan di belakang telinga Anda tidak serius, ada beberapa kasus yang mengharuskan Anda memeriksakan diri ke dokter.

Lantas, kapan Anda harus menemui dokter? Anda harus menemui dokter jika merasakan benjolan di belakang telinga Anda seperti ciri-ciri di bawah ini:

  • Muncul entah dari mana
  • Disertai dengan gejala lain
  • Menyakitkan atau menyebabkan ketidaknyamanan 

Demikian informasi mengenai apa saja penyebab benjolan di belakang telinga yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar