facebook

Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Didiagnosis Positif HIV

Risna Halidi | Lilis Varwati
Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Didiagnosis Positif HIV
Ilustrasi HIV AIDS. [Envato Elements]

Salah satu jenis IMS yang mudah menular adalah infeksi Human Immunodeficiency Virus atau HIV.

Suara.com - Mengetahui status kesehatan pasangan sebelum menikah adalah hal yang cukup penting. Oleb sebab itu, menjalani tes kesehatan juga jadi salah satu persiapan yang baiknya dilakukan.

Selain untuk deteksi dini, tes tersebut juga untuk memastikan apakah salah satu pasangan mengidap infeksi menular seksual (IMS). Sebab penyakit IMS tersebut sangat mudah menular melalui hubungan seksual.

Salah satu jenis IMS yang mudah menular adalah infeksi Human Immunodeficiency Virus atau HIV. Tak perlu panik apabila setelah menikah baru mengetahui kalau pasangan Anda ternyata positif HIV.

Sebagai langkah antisipatif, ada beberapa hal yang bisa dilakukan bagi Anda juga pasangan. Dikutip dari situs Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski), ini langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Sering Gonta-Ganti Pasangan Bercinta? Wajib Tahu Infeksi Menular Seksual yang Mengintai dan Komplikasinya!

Ilustrasi HIV

1. Lakukan Tes HIV
Bersamaan dengan pasangan Anda dinyatakan HIV positif, maka Anda pun juga harus melakukan tes. Ini untuk mengetahui apakah Anda juga sudah tertular virus tersebut. Ada beberapa tes HIV yang saat ini tersedia dibernagai layanan kesehatan.

2. Hubungi Dokter dan Minum Obat Segera
Setelah status HIV terkonfirmasi, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mencari infeksi oportunistik lain. Setelahnya, Anda akan diminta minum obat ARV secara rutin.

3. Seks Aman
Apabila hasil tes HIV negatif, maka untuk seterusnya selalu lakukan seks yang aman. Artinya, Anda harus menggunakan proteksi seperti kondom.

Kondom yang digunakan pria (eksternal) dan wanita (internal) ini biasanya berbahan lateks dan poliuretan yang mencegah cairan dari pasangan memasuki tubuh pasangannya. Sejauh ini, kondom jenis ini merupakan salah satu cara teraman.

4. Temani Pasangan untuk Mendapatkan Perawatan yang Tepat
Bagi mereka yang positif HIV kebanyakan mengalami penurunan semangat hidup. Yakinkan padanya bahwa pengidap HIV juga bisa hidup dengan optimal.

Baca Juga: Ketabahan Istri Tertular HIV dari Suami: Berjuang di Tengah Tekanan Demi Persiapkan Masa Depan Anak

Semangati pasangan untuk tidak bosan melakukan cek kesehatan, dampingi saat melakukan terapi antiretroviral, dan ingatkan agar tak lupa meminum obat ARV secara teratur.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar