facebook

Nyeri Perut Sebelah Kanan Terasa Hingga ke Punggung, Gara-gara Penyakit Batu Empedu atau Asam Lambung?

M. Reza Sulaiman
Nyeri Perut Sebelah Kanan Terasa Hingga ke Punggung, Gara-gara Penyakit Batu Empedu atau Asam Lambung?
Ilustrasi nyeri perut karena asam lambung. (Shutterstock)

Nyeri perut yang dialami seseorang bisa sangat mengganggu. Apalagi jika nyeri yang dirasakan cukup kuat, yang menandakan adanya masalah kesehatan lain yang menghantui.

Suara.com - Nyeri perut yang dialami seseorang bisa sangat mengganggu. Apalagi jika nyeri yang dirasakan cukup kuat, yang menandakan adanya masalah kesehatan lain yang menghantui.

Inilah yang dirasakan oleh seseorang bernama Semiati, terkait nyeri perut yang terjadi hingga ke punggung.

"Saya punya riwayat asam lambung dan terakhir didiagnosa ada batu empedu. Sepertinya batu empedu saya kumat lagi karena perut kanan atas dekat tulang rusuk, terasa sakit sampai ke belakang. Apakah ini tanda asam lambung kumat atau penyakit batu empedu?" tanyanya dalam forum Smarterhealth.id.

Menjawab pertanyaan ini, dr. Lee Keat Hong dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura mengatakan baik batu empedu dan asam lambung sama-sama memiliki gejala nyeri perut. Bahkan, kedua penyakit ini bisa terjadi bersamaan.

Baca Juga: Wanita Ini Masuk Rumah Sakit karena Makan 32 Roll Sushi di Restoran All You Can Eat

ilustrasi batu empedu. (Shutterstock)
ilustrasi batu empedu. (Shutterstock)

"Batu empedu dan ‘asam lambung’ bisa terjadi bersamaan, keduanya bisa terjadi pada pasien yang sama. Penyakit reflux asam lambung (GERD), atau yang dikenal juga dengan sebutan ‘asam lambung’ bagi orang awam, biasanya hadir dengan sensasi panas di perut, mulas, dan rasa asam di tenggorokan dan mulut yang bercampur air liur (acid brash)," tutur dr. Lee menjelaskan.

Sementara itu rasa sakit dari batu empedu umumnya berawal di perut bagian kanan atas. Nyeri yang dirasakan bisa sampai ke punggung dan sering dikeluhkan seperti ditusuk dan bikin mulas.

Untuk mengetahui apakah nyeri benar-benar terjadi karena batu empedu, dr. Lee mengatakan perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasound di area kantung empedu untuk melihat apakah benar-benar ada masalah kesehatan yang mengintai.

"Disarankan untuk melakukan operasi kantung empedu jika rasa sakitnya kambuhan (daripada hanya meminum obat pereda rasa sakit) sebab bisa berujung komplikasi seperti infeksi kantung empedu dan penyakit kuning," tutupnya.

Baca Juga: Niat Hati Ingin Makan Sushi Sepuasnya, Wanita Ini Justru Dilarikan ke Rumah Sakit akibat GERD

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar