facebook

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Cegah Long Covid-19, Konsumsi 4 Makanan Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Cegah Long Covid-19, Konsumsi 4 Makanan Ini!
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

Beberapa makanan bisa membantu mencegah Long Covid-19 dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Suara.com - Saat ini, varian Omicron yang sedang menyebar luas memang cenderung memicu gejala ringan. Tetapi, varian virus corona Covid-19 ini bisa menyebabkan komplikasi parah, salah satunya Long Covid-19.

Long Covid-19 adalah kondisi di mana seseorang tetap mengalami gejala virus corona Covid-19 meskipun hasil tesnya sudah negatif.

Long Covid-19 tentu melelahkan dan cukup mengganggu aktivitas harian, yang merupakan akibat dari kekebalan tubuh yang lemah. Tapi dilansir dari Times of India, mengonsumsi makanan berikut bisa membantu mencegah infeksi virus corona Covid-19 dan meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Kombucha dan teh fermentasi

Baca Juga: Apakah Varian Omicron Ancaman Terakhir Virus Corona? WHO Jawab Kapan Pandemi Akan Berakhir

Kombucha berbuih ringan dan teh hijau atau hitam tidak hanya meningkatkan pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Minuman ini memiliki manfaat kesehatan lain, termasuk detoksifikasi dan pengurangan tekanan darah.

Karena difermentasi, kombucha dan teh fermentasi ini juga bisa membantu kesehatan usus dan sangat bagus untuk orang yang ingin meningkatkan kekebalan.

Ilustrasi teh kombucha. (Unsplash/Klara Avsenik)
Ilustrasi teh kombucha. (Unsplash/Klara Avsenik)

2. Susu fermentasi

Kekebalan tubuh yang kuat tergantung dengan kesehatan ususnya. Anda perlu menjaga kesehatan usus dengan baik untuk membangun sistem kekebalan yang kuat.

Anda bisa menghindari makanan apa pun yang dapat membahayakan usus guna meningkatkan kekebalan. Makanan dan minuman fermentasi mengandung bakteri yang baik untuk usus dan dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh.

Baca Juga: Temuan Baru Peneliti, Virus Corona Covid-19 Bisa Picu Alzheimer!

3. Asinan kubis atau kubis fermentasi

Kubis fermentasi atau asinan kubis adalah kubis mentah yang dipotong halus dan difermentasi oleh berbagai bakteri asam laktat serta memiliki rasa asam.

Karena kubis fermentasi ini memiliki asam laktat, kubis ini juga memiliki umur simpan yang lebih lama. Konsumsi kubis fermentasi secara teratur juga bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan usus.

4. Kimchi

Kimchi merupakan makanana khas Korea yang berasal dari kubis fermentasi. Anda bisa menjaga kesehatan usus demi kekebalan tubuh yang baik dengan mengonsumsi satu porsi kimchi setiap hari.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar