facebook

Bolehkah Perempuan Hamil Konsumsi Parasetamol? Ini Panduan yang Tepat

Bimo Aria Fundrika
Bolehkah Perempuan Hamil Konsumsi Parasetamol? Ini Panduan yang Tepat
Ilustrasi Parasetamol. Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Tapi, bolehkah perempuan hamil mengonsumsi parasetamol?

Suara.com - Paarasetamol terkenal sebagai obat penghilang rasa sakit yang umum digunakan untuk mengobati sakit dan nyeri. Obat ini kerap dikonsumsi banyak orang karena mudah didapatkan.

Tapi, bolehkah perempuan hamil mengonsumsi parasetamol? Dilansir dari The Sun, pada September 2021, sebuah artikel baru yang diterbitkan di Nature Reviews Endocrinology mendesak agar berhati-hati dalam mengonsumsi parasetamol selama kehamilan.

Tetapi pernyataan konsensus baru menyerukan kehati-hatian, bukan perhatian.Parasetamol sangat jarang menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat.

Tetapi jika khawatir tentang efek samping atau melihat sesuatu yang tidak biasa, yang terbaik adalah berbicara dengan apoteker atau dokter

Baca Juga: Pentingnya Memenuhi Yodium untuk Ibu Hamil

Ilustrasi hamil (pixabay.com)
Ilustrasi hamil (pixabay.com)

Dosis biasa untuk orang dewasa adalah satu atau dua tablet 500mg hingga 4 kali dalam 24 jam. Sangat penting untuk selalu meninggalkan setidaknya 4 jam antara dosis dan tidak pernah melebihi lebih dari 4000mg dalam satu hari.

Selain digunakan untuk mengobati sakit dan nyeri, parasetamol juga dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Dosis parasetamol yang dianjurkan adalah satu atau dua tablet 500mg sekaligus.

Penting untuk tidak mengonsumsi parasetamol dengan obat lain yang mengandung parasetamol. Jangan berharap untuk langsung merasa lebih baik. Dibutuhkan waktu hingga satu jam untuk bekerja.

Bahkan jika rasa sakit Anda sangat parah, jangan tergoda untuk meningkatkan dosis atau mengambil dosis ganda.Overdosis dapat menyebabkan efek samping yang serius. Parasetamol aman dikonsumsi dengan sebagian besar obat resep, termasuk antibiotik.

Baca Juga: Waspada Omicron, Wali Kota Probolinggo Terbitkan Aturan WFH Bagi Wanita Hamil

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar