facebook

AS Deteksi Versi Lain Varian Omicron, Yakni BA.2, Dijuluki Omicron Siluman

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
AS Deteksi Versi Lain Varian Omicron, Yakni BA.2, Dijuluki Omicron Siluman
Varian Omicron (Pixabay).

Saat ini varian Omicron BA.2 atau Omicron Siluman sudah terdeteksi di 40 negara termasuk AS, dan umumnya ditemukan di Asia dan Eropa dibanding benua lainnya.

Suara.com - Kabar mengejutkan datang dari Amerika Serikat (AS) yang menemukan versi lain dari varian Omicron yang disebut BA.2, meskipun saat ini proporsinya cenderung lebih rendah dari semua kasus.

Mengutip Live Science, Kamis (27/1/2022), menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), versi varian Omicron BA.2 ini punya beberapa mutasi genetik yang tidak terlihat pada garis keturunan varian Omicron yang asli, dan mutasi ini terletak pada lonjakan proteinnya.

Diduga varian Omicron BA.2 ini mudah menular, tapi tidak lebih parah dibanding Omicron asli. Meskipun saat ini masih terlalu dini untuk menyimpulkan dan meyakini data yang masih sedikit ini.

Seperti diketahui, pada Desember 2021 lalu ilmuwan melaporkan beberapa sub garis keturunan varian Omicron, salah satunya BA.2.

Baca Juga: Peneliti India Sebut Vaksin Spesifik untuk Omicron Penting, Ini Sebabnya

Tapi keunikan dari BA.2 ini ia lebih sulit dilacak menggunakan tes PCR, itulah yang jadi alasan versi ini disebut Stealth Omicron alias Omicron Siluman.

Adapun Omicron asli ditemukan punya tanda 'penghapusan' pada gen. Nah, tanda 'penghapusan' ini mampu ditangkap oleh tes PCR dengan tanda adanya kesalahan 'kegagalan target gen S'. Tanda kesalahan ini akhirnya jadi kunci utama keberadaan varian Omicron.

Tapi uniknya, varian Omicron BA.2 ini tidak membawa tanda 'penghapusan' ini sehingga tidak bisa memberikan tanda yang menonjol pada tes PCR dibanding varian lainnya, kecuali sampelnya dites menggunakan whole genome squencing.

Saat ini varian Omicron BA.2 atau Omicron Siluman sudah terdeteksi di 40 negara termasuk AS, dan umumnya ditemukan di Asia dan Eropa dibanding benua lainnya.

Di sisi lain, Badan Keamanan Kesehatan Inggris telah menetapkan BA.2 sebagai 'variant under investigation' atau varian yang sedang diselidiki, mengingat jumlahnya yang meningkat di negara tersebut.

Baca Juga: Varian Omicron Menyebar dengan Cepat, Swedia Perpanjang Pembatasan Sosial Hingga 2 Pekan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar