facebook

Rekomendasi Obat Batuk Pilek Anak yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi, Bisa Ditemukan di Apotek

Yasinta Rahmawati
Rekomendasi Obat Batuk Pilek Anak yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi, Bisa Ditemukan di Apotek
Ilustrasi gambar (freepik)

Jika anak Anda sakit, jangan sembarangan memberikan obat batuk pilek anak. Pastikan obat tersebut aman dikonsumsi untuk anak-anak.

Suara.com - Jika anak Anda sakit, hal pertama yang harus dipahami tentang obat batuk dan pilek adalah obat tersebut aman atau tidak dikonsumsi oleh anak-anak. Adapun obat batuk pilek anak yang aman dikonsumsi yaitu akan disebutkan di artikel berikut.

Bagi orangtua, melihat anaknya batuk pilek tentunya membuat cemas dan khawatir. Jika Anda memutuskan untuk memberi anak Anda obat batuk dan pilek, sebaiknya obat tersebut digunakan jika membuat anak Anda merasa lebih nyaman dan tidak menimbulkan efek samping yang mengganggu. 

Saat memilih obat flu atau batuk, pastikan Anda memahami fungsi masing-masing bahan, sehingga Anda tidak memberikan obat atau ramuan yang tidak perlu kepada anak Anda.

Namun, sebagai penanganan awal, Anda bisa memberikannya obat batuk pilek yang aman untuk anak-anak. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi obat batuk pilek anak yang aman dikonsumsi anak-anak.

Baca Juga: Waspada, Jenis Penyakit Ini Menyerang Saat Musim Pancaroba

Merek Umum

Jika anak Anda sakit batuk dan pilek, berikut ini beberapa merek umum obat batuk pilek anak seperti:

  • OBH Combi Anak Batuk Plus Flu
  • Bodrexin Flu Anak
  • Panadol Sirup Anak
  • Sanmol Sirup
  • Bisolvon kids Sirup
  • Proris Sirup
  • Termorex Plus
  • Hufagrip Flu Sirup
  • Komix Kid Sachet
  • Pludane Sirup

Selain menggunakan obat medis seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati batuk dan pilek pada anak Anda. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Berikan cairan

Anda bisa memberikan cairan (air, jus, dan kaldu) kepada anak Anda. Ini berguna untuk membantu mengencerkan sekresi. Cairan hangat, seperti teh atau sup ayam, mungkin memiliki efek menenangkan, meningkatkan aliran lendir hidung dan melonggarkan sekresi pernapasan.

Baca Juga: Batuk Pilek Selama 5 Tahun, Perempuan Ini Ternyata Idap Kanker Langka

2. Jalankan pelembab udara berkabut dingin

 Cara ini dapat menambah kelembapan udara, yang dapat mengurangi pengeringan saluran hidung dan tenggorokan. Tempatkan pelembab udara di dekat tempat tidur anak Anda. Bersihkan pelembab udara setelah setiap kali digunakan.

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam juga salah satu cara alami untuk mengobati batuk dan pilek pada anak. Cara ini bisa digunakan oleh anak usia 6 tahun ke atas, berkumur dengan air garam hangat dapat meredakan sakit tenggorokan.

4. Tawarkan permen isap

Untuk anak-anak usia 5 tahun ke atas, mengisap permen padat dapat meredakan sakit tenggorokan. Permen keras mungkin sama efektifnya dengan obat pelega tenggorokan dan cenderung tidak memiliki efek berbahaya. Namun, permen padat bisa  bahaya jika tersedak dan tidak diperbolehkan diberikan kepada anak usia di bawah 5 tahun.

Demikian informasi mengenai obat batuk pilek anak. Jika anak Anda tidak membaik setelah beberapa dosis menggunakan obat yang dijual bebas atau jika ia semakin parah, Anda harus menghentikannya. Dan sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar