facebook

5 Jus yang Punya Manfaat Bagus untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Cegah Hipertensi Hingga Sembuhkan Batuk Pilek

M. Reza Sulaiman
5 Jus yang Punya Manfaat Bagus untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Cegah Hipertensi Hingga Sembuhkan Batuk Pilek
ilustrasi jus buah. (Shutterstock)

Sejumlah jus, baik yang berdasar dari buah maupun sayur, tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Suara.com - Mengonsumsi jus menjadi salah satu bagian dari gaya hidup sehat yang bisa dilakukan siapa saja. Sejumlah jus, baik yang  berdasar dari buah maupun sayur, tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Suara.com pun merangkum 5 jus dengan manfaat terbaik yang bisa Anda konsumsi, mulai dari mencegah hipertensi hingga meredakan batuk pilek. Apa saja?

1. Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan, Dapat Melawan Obesitas!

Ilustrasi tomat (pixabay/Shutterbug75)
Ilustrasi tomat (pixabay/Shutterbug75)

Siapa sih yang tidak kenal tomat, selain digunakan sebagai penyedap rasa, tomat juga memiliki manfaat yang baik loh untuk kesehatan. Di Indonesia ini, tomat sering digunakan sebagai bahan pelengkap dalam membuat sambal serta menjadi bahan utama dari saus.

Baca Juga: 14 Manfaat Jus Jambu Biji, untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Nah, untuk yang kita bahas ini adalah olahan tomat dalam bentuk jus. Dalam setiap jus tomat, terdapat banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari vitamin A, vitamin C hingga kalium.

Baca selengkapnya

2. Manfaat Jus Stroberi dan Pisang, Solusi Sehat Jangka Panjang

Ilustrasi minuman sehat (Pexels/ruslanyogaswara)
Ilustrasi minuman sehat (Pexels/ruslanyogaswara)

Munculnya berbagai jenis inovasi produk minuman saat ini memang tidak lepas, dari semakin banyaknya konsumen minuman yang sangat menggemari minuma kekinian mulai dari remaja hingga dewasa. Beberapa produk jenis minuman kekinian memiliki keunikan masing-masing sehingga tak jarang menjadi target buruan konsumen. Namun tak jarang beberapa jenis minuman mungkin diolah dengan menggunakan bahan-bahan tertentu seperti pewarna ataupun pengawet yang tentunya sangat berbahaya apabila terus dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu solusi menghindari hal tersebut adalah dengan membuat minuman sehat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang tentunya memiliki khasiat yang luar biasa. 

Siapa yang tidak kenal jus? Jus merupakan minuman sehat hasil dari saripati buat yang dihaluskan sehingga menjadi cairan yang dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai penambah asupan gizi tubuh. Kandungan gizi yang terdapat pada jus terlebih apabila dibuat oleh tangan sendiri akan terasa lebih besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Diantara berbagai jenis buah-buahan yang dapat dijadikan jus adalah buah stroberi dan pisang. 

Baca Juga: Batuk Kering Hingga Sakit Tenggorokan, 5 Gejala Utama Infeksi Covid-19 Varian Omicron

Baca selengkapnya

3. Musim Pancaroba Bikin Kamu Batuk Pilek? Coba Minum Jus Nanas!

Ilustrasi Jus Nanas (everypixel)
Ilustrasi Jus Nanas (everypixel)

Perubahan musim atau yang dikenal sebagai pancaroba, biasanya diikuti dengan datangnya berbagai penyakit, mulai dari panas dalam, pusing, batuk, dan juga pilek.

Khusus batuk, Anda pasti tahu kalau ada beberapa ramuan tradisional yang dapat mengatasi penyakit ini. Mulai dari perasan jeruk nipis, hingga madu.

Baca selengkapnya

4. Studi Ungkap Manfaat Kesehatan Jus Cranberry: Bisa Cegah Masalah ISK Pada Perempuan!

Ilustrasi jus cranberry
Ilustrasi jus cranberry

Jus cranberry mungkin terdengar asing di telinga masyarakat dibanding jus buah lainnya. Padahal jus cranberry punya banyak manfaat kesehatan lho!

Salah satunya mampu menyembuhkan infeksi saluran kemih (ISK) pada perempuan. Infeksi saluran kemih sering terjadi pada perempuan karena adanya bakteri yang bersentuhan dengan uretra dan masuk ke kandung kemih, sehingga ini bisa menyebabkan infeksi dan juga peradangan.

Baca selengkapnya

5. Manfaat Jus Mengkudu, Ampuh Atasi Hipertensi!

Ilustrasi Buah Mengkudu. (Pixabay/braico)
Ilustrasi Buah Mengkudu. (Pixabay/braico)

Buah mengkudu dikenal sebagai buah yang kaya manfaat dan sering dijadikan obat tradisional untuk berbagai permasalahan kesehatan tubuh. Meskipun rasanya sangat pahit dan aromanya yang tidak sedap, mengkudu sering diolah menjadi jus dengan tambahan buah-buah lainnya untuk menetralisir rasa pahit dan aroma tidak sedapnya.

Jus mengkudu merupakan salah satu jenis minuman tropis yang biasanya banyak tersedia di kawasan Asia Tenggara. Masyarakat di Polinesia, salah satu tempat penghasil mengkudu terbesar di dunia percaya bahwa mengkudu dapat dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

Baca selengkapnya

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar