facebook

Bukan Sekadar Hiasan, Ini 7 Manfaat Daun Selada

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Bukan Sekadar Hiasan, Ini 7 Manfaat Daun Selada
Daun selada. (Shutterstock)

Tak sekadar sebagai hiasan, tapi juga memberi manfaat kesehatan.

Suara.com - Selain di salad dan sandwich, kita sering menemukan daun selada sebagai hiasan atau garnish pada beragam makanan. Warna hijau segarnya ternyata tak hanya cantik dan menarik, tetapi juga memberimu banyak manfaat kesehatan.

Tapi tahukah kamu, selain hijau, daun selada ternyata ada juga yang berwarna merah tua hingga ungu, lho. Dan ingat, semakin gelap warna daun selada, maka semakin besar juga kandungan nutrisinya.

Nah, apa saja manfaat daun selada untuk kesehatan? Simak 7 manfaatnya di bawah ini, seperti dilansir dari Healthshots:

1. Antioksidan
Daun selada merupakan sumber antioksidan yang hebat, yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Daun selada juga memiliki sifat anti-kanker dan anti-inflamasi berkat kandungan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, dan quercetin.

Baca Juga: Jangan Diremehkan! Ini 4 Manfaat Selada bagi Kesehatan Tubuh

2. Serat
Daun selada memiliki jumlah serat yang baik yang membantu dalam mencegah sembelit. Selain itu, sayur ini juga sangat rendah kalori, sehingga membantu orang-orang yang berencana menurunkan berat badan.

3. Kalsium
Selada mengandung kalsium yang menjaga kesehatan tulang, membantu otot berkontraksi, dan juga membantu mekanisme pembekuan darah.

4. Kalium
Daun selada adalah sumber yang kaya potasium, yang berfungsi membantu kesehatan jantung.

5. Vitamin dan mineral lainnya
Daun selada menawarkan banyak vitamin dan mineral. Salah satunya adalah vitamin A yang tersedia dalam bentuk beta karoten, yang berfungsi membantu menjaga penglihatan mata. Kemudian juga vitamin C yang membantu melawan flu, pilek, dan batuk.

6. Kandungan air
Selada memiliki kandungan air yang baik dan membantu dalam menangkal haus dan dehidrasi. Dan juga tidak mengandung lemak atau kolesterol apapun.

Baca Juga: Jadi Lalapan Favorit, Inilah Manfaat dari Daun Selada

7. Besi
Selada merupakan sumber folat yang baik yang membantu kehamilan dengan mencegah cacat tabung saraf dan juga menjaga kadar homosistein dalam tubuh.

Komentar