facebook

Pria Harus Tahu, Pertumbuhan Penis akan Berhenti Pada Waktu Ini

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Pria Harus Tahu, Pertumbuhan Penis akan Berhenti Pada Waktu Ini
Ilustrasi penis (shutterstock)

Pertumbuhan penis pria akan berhenti pada waktu tertentu.

Suara.com - Banyak pria memiliki kehawatiran dengan bentuk dan ukuran penis mereka. Mereka beranggapan bahwa semakin besar ukuran penis akan lebih baik.

Tapi, penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan pria memiliki ukuran penis yang berada dalam kisaran normal dan sebagian besar pasangan senang dengan ukuran penis pasangannya.

Anda perlu tahu bahwa kepuasan seksual seseorang tidak selalu terpaku pada ukuran penis pria. Banyak faktor lain yang memainkan peran penting.

Tapi, pria harus tahu kalau pertumbuhan penis mereka bisa berhenti setelah jangka waktu tertentu.

Baca Juga: India Melaporkan Kasus Penularan Subvarian Omicron XE untuk Pertama Kalinya, Siapa yang Terinfeksi?

Pertumbuhan penis ini berawal dari usia dini. Saat anak laki-laki memasuki masa pubertas, yakni antara 12-16 tahun, ia mungkin mengalami banyak perubahan tubuh, termasuk ukuran penis.

Ilustrasi penis (Pixabay/derneumann)
Ilustrasi penis (Pixabay/derneumann)

Hal ini terjadi karena ia mengalami semburan testosteron dalam tubuhnya. Pertumbuhan penis ini bisa terlihat dari ukurannya yang semakin panjang maupun lingkar penis.

Namun, ukuran testis pria mungkin tetap berukuran yang sama selama masa kanak-kanak hingga ketika ukuran penis sudah berubah.

Tapi, anak laki-laki mungkin akan mengalami pertumbuhan testis ketika menginjak usia 8-9 tahun. Puncak pertumbuhan testis akan terjadi antara usia 11 hingga 15 tahun.

Sedangkan dilansir dari Times of India, pertumbuhan penis pria akan berakhir saat masa pubertas sudah berakhir. Bagi kebanyakan anak laki-laki, pertumbuhan penis berhenti di akhir masa remaja.

Baca Juga: Studi: Gejala Varian Omicron Berlangsung 2 Hari Lebih Singkat daripada Varian Delta

Penelitian telah mengaitkan antara pertumbuhan penis dengan tinggi badan. Menurut para ahli, kebanyakan pria mengalami pertumbuhan penis yang cepat pada saat yang sama mereka mencapai potensi maksimum mereka.

Menurut penelitian tahun 2020, ukuran penis rata-rata adalah antara 5,1 dan 5,5 inci saat ereksi. Ketebalan rata-rata sekitar 4,59 inci tegak

Adapun faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan penis meliputi gen, hormon hingga pilihan gaya hidup.

Komentar