facebook

Duduk Menyilang Kaki Bisa Sebabkan Masalah Pembuluh Darah, Ini Risikonya!

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Duduk Menyilang Kaki Bisa Sebabkan Masalah Pembuluh Darah, Ini Risikonya!
Duduk Menyilangkan Kaki. (Shutterstock)

Dokter jelaskan dampak kebiasaan duduk menyilangkan kaki yang bisa memicu masalah pembuluh darah.

Suara.com - Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan duduk menyilangkan kaki, baik saat bekerja atau bersantai. Sekilas, kebiasaan duduk seperti ini mungkin hal biasa.

Tapi, tak banyak yang tahu bahwa duduk menyilangkan kaki bisa menyebabkan masalah pembuluh darah.

Masalah pembuluh darah akibat duduk menyilangkan kaki bisa berupa deep vein thrombosis (DVT) dan varises. Varises dan DVT hanyalah dua dari kondisi yang dapat berkembang karena pembuluh darah yang tidak sehat.

NHS menjelaskan varises bisa berkembang ketika vena menjadi bengkak dan membesar. Kondisi ini biasanya terjadi pada tungkai atau kaki, ketika vena berubah menjadi biru atau ungu tua dan sering kali menonjol.

Baca Juga: Studi: Gejala Varian Omicron Berlangsung 2 Hari Lebih Singkat daripada Varian Delta

Sedangkan, DVT disebabkan oleh bekuan darah di vena. Jika tidak diobati, kondisinya bisa menjaddi berbahaya yang menyebabkan pembengkakan dan kemerahan di kaki.

Ilustrasi duduk menyilang (pexels)
Ilustrasi duduk menyilangkan kaki (pexels)

Dr Peter Finigan, seorang praktisi klinis berpengalaman di UK Vein Clinic, yang berspesialisasi dalam pengobatan vaskularmenjelaskan bahwa kondisi seperti in harus diobati sesegera mungki meskipun tidak terkesan berbahaya.

Vena yang tidak sehat memberikan dua jenis gejala yang berbeda. Pertama, pasien akan melihat benjolan biru menonjol yang disebut varises. Kedua, Anda mungkin merasakan sesuatu pada kaki yang sulit dijelaskan.

“Anda dapat memiliki penyakit vena atau kesehatan vena yang buruk tanpa ada tonjolan vena biru yang signifikan di kaki Anda dan gejala yang cenderung dialami pasien adalah kaki terasa berat dan nyeri," kata Dr Finigan dikutip dari Express.

Dr Finigan menjelaskan bahwa rasa sakit dan nyeri di kaki sering juga dikaitkan dengan kondisi medis lainnya, seperti radang sendi. Sehingga seringkali individu tidak menyadari bahwa sumber ketidaknyamanan mereka adalah pembuluh darah mereka.

Baca Juga: Selidiki Temuan Spesimen Dicurigai Terpapar Varian XE, Dinkes DKI: Kami Deteksi Apakah Ada Varian Baru atau Tidak

NHS menjelaskan bahwa individu memiliki risiko lebih untuk mengembangkan kondisi seperti varises jika mereka memiliki kelebihan berat badan, hamil, atau memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tersebut.

Komentar