facebook

4 Teknik Yoga yang Dipercaya Bisa Atasi Stres dan Kram Menstruasi

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
4 Teknik Yoga yang Dipercaya Bisa Atasi Stres dan Kram Menstruasi
Ilustrasi Yoga. (unsplash)

Untuk mengatasi masalah tersebut, dipercaya ada empat teknik yoga yang bisa mengatasi stres dan kram menstruasi.

Suara.com - Beberapa perempuan mengalami masalah bulanan kram menstruasi atau dismenore. Ini terjadi karena adanya kontraksi abnormal di rahim saat melepaskan endometrium, yang menjadi bagian siklus menstruasi bulanan.

Tidak hanya nyeri atau kram perut bawah, kebanyakan perempuan juga mengalami masalah lain seperti nyeri kaki, mual, kelelahan, sakit kepala, dan diare.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dipercaya ada empat teknik yoga yang bisa mengatasi stres dan kram menstruasi. Simak selengkapnya seperti yang dikutip dari HealthShots berikut.

1. Pose Kupu-kupu
Pose kupu-kupu adalah salah satu teknik yoga terbaik jika Anda mengalami masalah menstruasi. Ini tidak hanya meningkatkan sistem reproduksi pada perempuan saja. Tapi, teknik ini bisa membantu pria merangsang sirkulasi darah sekaligus mengurangi stres.

Baca Juga: 4 Alasan Kamu Perlu Membiasakan Diri Berpikir Positif, Demi Hidup Bahagia!

2. Pose Setengah Katak
Pose setengah katak ini dapat meningkatkan aliran darah ke sistem reproduksi. Tidak hanya itu, pose ini juga membuat energi tubuh mengalir bebas dan lancar, yang pada akhirnya akan menciptakan aliran menstruasi serta menghilangkan pembekuan.

Pose ini bisa dilakukan dengan meregangkan paha bagian dalam, selangkangan, dan pinggul.

3. Pose Sayap Patah
Pose sayap patah ini dapat melepaskan ketegangan dalam tubuh, di mana ini akan meregangkan otot-otot sekaligus melemahkan sistem saraf. Jika Anda merasa siklus menstruasi Anda lemah, lakukan pose ini untuk meningkatkan energi sepanjang hari.

4. Pose Sudut Lebar Duduk
Pose santai ini dapat membantu mengurangi nyeri punggung bawah, nyeri haid, serta kram menstruasi. Karena memberi peningkatan sirkulasi ke perut bagian bawah, pose ini akan membantu melancarkan aliran darah di sekitar panggul.

Bagi perempuan yang mengalami radang panggul, endometriosis atau gangguan menstruasi lainnya, bisa lakukan pose yoga ini.

Baca Juga: Setelah Alami Keguguran, Kapan Waktu yang Tepat untuk Hamil Lagi?

Komentar