facebook

6 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan, Punya Sifat Antikanker

Yasinta Rahmawati
6 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan, Punya Sifat Antikanker
Ilustrasi gambar manfaat bengkuang untuk kesehatan. (freepik)

Bengkuang adalah sayuran umbi-umbian yang kaya akan manfaat. Adapun manfaat bengkuang untuk kesehatan yakni sebagai berikut.

Suara.com - Bengkuang adalah sayuran umbi-umbian yang sering disebut mirip dengan ubi jalar. Hanya saja, bengkuang cenderung kurang manis dibandingkan ubi jalar. Bengkuang ini kaya akan potasium dan memiliki segudang manfaat kesehatan yang masing belum diketahui banyak orang. Lantas, apa saja manfaat bengkuang untuk kesehatan?

Diketahui, bengkuang adalah sumber serat yang menjadikannya pilihan makanan yang ideal untuk pencernaan dan penurunan berat badan. Bengkuang membantu mencegah lonjakan gula darah setelah makan enak. Selain itu, bengkuang juga memiliki beberapa manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan.

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut ini manfaat bengkuang untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui.

1. Meningkatkan Keseimbangan Hormonal

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Memiliki Sifat Antikanker

Tingkat estrogen berkurang selama menopause, dan itu mempengaruhi keseimbangan hormon. Akibatnya, dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti osteoporosis. Menurut sebuah penelitian, bengkuang mengatur sekresi hormon estrogen. Oleh karena itu, membantu dalam mencegah penyakit pada wanita pasca-menopause. Dengan pengaturan hormon, bengkuang juga membantu meningkatkan kesuburan. 

2. Sifat Antikanker

Kanker terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal. Kerusakan oksidatif oleh radikal bebas juga menyebabkan kanker. Bengkuang menyediakan beberapa antioksidan seperti fenol, flavonoid dan vitamin C. Antioksidan ini memiliki sifat antikanker. Vitamin dan antioksidan membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dengan mengurangi kerusakan radikal bebas pada organ.

Bengkuang. (freepik)
Ilustrasi bengkuang potong. (freepik)

3. Mengurangi Peradangan

Antioksidan yang ada dalam bengkuang membantu mengurangi peradangan kronis. Peradangan dapat menyebabkan berbagai kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung. Namun, bengkuang dapat membantu mencegah penyakit tersebut karena merupakan salah satu makanan anti-inflamasi terbaik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bengkuang membantu mengurangi peradangan. 

Baca Juga: Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan, Diklaim Bisa Menjadi Antikanker

4. Melancarkan Pencernaan

Komentar