facebook

Miing Bagito Juga Idap Diabetes, Benarkah Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Miing Bagito Juga Idap Diabetes, Benarkah Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung?
Dedi Gumelar alias Miing Bagito [Herwanto/Suara.com]

Miing Bagito menjalani operasi bypass karena sakit jantung, yang ternyata dipicu oleh diabetesnya.

Suara.com - Komedian Miing Bagito menjalani operasi bypass karena sakit jantung. Mulanya, Miing Bagito hendak menjalani pemasangan ring jantung, tetapi ternyata ia mengalami penyumbatan pembuluh darah.

Dokter mengatakan penyumbatan pembuluh darah Miing Bagito itu sudah ada selama bertahun-tahun.

Selain itu, dokter juga mengatakan kalau Miing Bagito menderita diabetes yang berhubungan dengan masalah pada jantungnya tersebut.

Diabetes dan penyakit jantung adalah dua kondisi medis yang saling beriringan. Orang yang menderita diabetes dua kali lebih berisiko menderita penyakit jantung atau stroke.

Baca Juga: Pakar Kesehatan: Varian Omicron Berisiko Membuat Orang Terinfeksi Berulang Kali

Semakin lama seseorang menderita diabetes, maka semakin besar risikonya menderita penyakit jantung, bahkan pada orang yang usianya lebih muda.

Diabetes bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, karena gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung.

Ilustrasi diabetes (Foto oleh PhotoMIX Company dari Pexels)
Ilustrasi diabetes (Foto oleh PhotoMIX Company dari Pexels)

Dilansir dari CDC, orang dengan diabetes juga lebih mungkin memiliki kondisi lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti:

1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi meningkatkan kekuatan darah melalui arteri Anda dan dapat merusak dinding arteri. Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes, ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Peneliti Temukan Metode Baru untuk Menyembuhkan Diabetes Tipe 1, Transplantasi Pankreas

2. Kolesterol tinggi

Kolesterol jahat yang terlalu tinggi dalam aliran darah Anda dapat membentuk plak pada dinding arteri yang rusak.

3. Trigliserida tinggi

Trigliserida tinggi dan kolesterol baik (HDL) yang rendah atau kolesterol LDL tinggi berkontribusi pada pengerasan arteri.

Tak satu pun dari kondisi ini memiliki gejala. Dokter Anda dapat memeriksa tekanan darah Anda dan melakukan tes darah sederhana untuk melihat apakah kadar LDL, HDL, dan trigliserida Anda tinggi.

Orang dengan diabetes juga lebih mungkin mengalami gagal jantung. Gagal jantung adalah kondisi serius, tetapi itu tidak berarti jantung berhenti berdetak.

Gagal jantung itu berarti jantung Anda tidak dapat memompa darah dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan di kaki dan cairan menumpuk di paru-paru, sehingga Anda sulit untuk bernapas.

Gagal jantung cenderung memburuk dari waktu ke waktu, tetapi diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu meringankan gejala dan menghentikan atau menunda kondisi yang semakin parah.

Komentar