facebook

5 Efek Baik Makan Tomat Setiap Hari, Konsumsi Rutin untuk Rasakan Manfaatnya

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
5 Efek Baik Makan Tomat Setiap Hari, Konsumsi Rutin untuk Rasakan Manfaatnya
Ilustrasi Tomat. (pexels/Alena Darmel)

Rutin makan tomat setiap hari baik untuk kesehatan tubuh.

Suara.com - Tomat yang mengandung senyawa likopen memiliki banyak manfaat kesehatan. Senyawa ini pula yang membuat tomat berwarna merah atau orange cerah.

Kandungan likopen dalam tomat ini juga lebih tinggi daripada sayuran lainnya. Satu tomat ukuran sedang mengandung sekitar 2-3 gram likopen.

Konsumsi tomat setiap hari bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan tak terduga. Berikut ini dilansir dari Bright Side, efek likopen dan sifat-sifatnya dalam mempengaruhi tubuh manusia.

1. Melindungi kulit

Baca Juga: Studi: Setengah Pasien Virus Corona Covid-19 yang Dirawat Tetap Alami Gejala hingga 2 Tahun

Menurut penelitian, tomat dapat membantu dalam perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya dan menurunkan risiko terbakar sinar matahari. Para peneliti percaya bahwa ini karena tingginya konsentrasi karotenoid, yang merupakan komponen likopen.

Namun, para ilmuwan juga menunjukkan bahwa kita tidak bisa mengganti tabir surya hanya dengan mengonsumsi tomat. Selain manfaat kesehatan ini, beberapa bukti menunjukkan bahwa tomat memiliki sifat antipenuaan.

Ilustrasi kulit wajah (freepik)
Ilustrasi kulit wajah (freepik)

2. Menjaga kesehatan jantung

Likopen adalah antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dalam tubuh Anda dari oksidasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi likopen memiliki risiko lebih rendah menderita penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Likopen juga dapat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi. Akibatnya, peluang Anda terkena penyakit jantung juga bisa berkurang. Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin dan nutrisi lain, seperti vitamin B, E, dan flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: WHO Sebut Kasus Virus Corona Covid-19 Menurun secara Global, Kecuali Amerika dan Afrika!

3. Meningkatkan penglihatan

Selain likopen, tomat mengandung beberapa nutrisi lain, seperti lutein dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata.

Riset menunjukkan bahwa nutrisi ini melindungi mata dari penyakit, seperti katarak, sekaligus mendukung kesehatan penglihatan Anda secara keseluruhan.

Tomat juga mengandung zat, khususnya zeaxanthin dan lutein yang bermanfaat dalam melindungi penglihatan Anda dari cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat digital, seperti smartphone.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan likopen dalam tomat bertindak sebagai antioksidan yang bisa mengurangi molekul radikal bebas, yang mana ini bisa merusak sel-sel dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, rutin makan tomat mengurangi risiko kanker paru-paru, prostat dan perut.

5. Memperkuat tulang

Tomat dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda. Karena, tomat adalah sumber zat penguat tulang yang baik, seperti vitamin K dan kalsium yang tidak hanya bisa menjaga tulang dalam kondisi baik tapi juga membantu memperbaiki jaringan tulang.

Komentar