facebook

5 Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi yang Sebaiknya Dilakukan Perempuan

Risna Halidi
5 Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi yang Sebaiknya Dilakukan Perempuan
Ilustrasi pembalut

Berikut ini lima tips menjaga kebersihan selama menstruasi yang baiknya diketahui para perempuan.

Suara.com - Setiap tanggal 28 Mei selalu diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia. Hari tersebut dirayakan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kebersihan sebelum, selama dan setelah mengalami menstruasi.

Dikatakan Dr Surabhi Siddhartha, seorang dokter di Motherhood Hospital Kharghar mengatakan, tidak bersih selama menstruasi dapat memengaruhi kesehatan perempuan dan berisiko membuat mereka terinfeksi dan alergi akibat praktik yang tidak bersih.

Lebih lanjut dikutip dari Hindustantimes.com, berikut ini lima tips menjaga kebersihan selama menstruasi yang baiknya diketahui para perempuan.

1. Ganti Sesering Mungkin
Mengganti pembalut atau tampon sesering mungkin setidaknya setiap tiga sampai enam jam sekali. Darah yang keluar saat menstruasi dapat menarik berbagai organisme dari tubuh, menyebabkan sensasi tidaknyam, ruam, dan infeksi saluran kemih. Dengan mengganti pembalut atau tampon secara berkala, maka kamu akan terhindar dari infeksi genital.

Baca Juga: Alasan Wali Kota Bandar Lampung Belum Bayar Gaji Petugas Kebersihan Selama 2 Bulan

2. Bersihkan Daerah Vagina
Membersihkan daerah kewanitaan saat mengganti pembalut atau tampon merukan hal yang sangat penting. Usap dari vagina ke arah anus, bukan sebaliknya. Hati-hati perpindahan kuman dari anus dapat berpindah dari lubang kemudian masuk vagina atau uretra.

3. Hindari Penggunaan Produk Kebersihan Kewanitaan
Meskipun menambahkan produk kebersihan vagina dalam rutinitas harian bisa bermanfaat, namun menggunakannya selama menstruasi dapat menyebabkan komplikasi.

Vagina memiliki sistem pembersihan yang bekerja sepanjang siklus menstruasi, dan produk kebersihan buatan dianggap dapat mengganggu proses alami tersebut yang mengakibatkan infeksi dan pertumbuhan bakteri jahat.

4. Buang Pembalut dengan Benar
Tampon dan pembalut harus dibuang dengan benar. Saat hendak dibuang, bungkus dengan benar untuk menghindari penyebaran kuman dan penyakit.

Pastikan untuk tidak disiram karena tindakan tersebut dapat menyebarkan bakteri ke mana-mana. Cuci tangan secara menyeluruh setelah membuang pembalut.

Baca Juga: 4 Teknik Yoga yang Dipercaya Bisa Atasi Stres dan Kram Menstruasi

5. Beralih ke Cangkir Menstruasi Jika Nyaman
Murah, aman, higienis, dan dapat digunakan kembali (setiap bulan hingga dua tahun). Itupun jika kamu merasa nyaman memasukkannya ke vagina. Pastikan ukuran cup lebih dulu ke dokter kandungan ya!

Komentar