facebook

Viral Bidan Joget TikTok Saat Pasien Mau Melahirkan, Ketua PB IBI Ingatkan Nakes Hati-hati Bikin Konten

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Viral Bidan Joget TikTok Saat Pasien Mau Melahirkan, Ketua PB IBI Ingatkan Nakes Hati-hati Bikin Konten
Konten viral bidan (Twitter/twittwor)

Ia mengatakan PB IBI tidak melarang membuat konten edukasi, tapi harus sesuai etika dan standar pelayanan bidan yang sudah ditetapkan.

Suara.com - Berkaca dari video viral bidan joget TikTok saat tangani ibu melahirkan, Ketua Pengurus Besar Ikatan Bidan Indonesia (PB IBI) dr. Emi Nurjasmi, M.Kes mengingatkan para bidan Indonesia berhati-hati membuat konten video saat sedang melakukan tindakan medis.

Ia mengatakan PB IBI tidak melarang membuat konten edukasi, tapi harus sesuai etika dan standar pelayanan bidan yang sudah ditetapkan.

"Saya imbau kepada teman-teman semuanya, dengan perkembangan teknologi kita butuh beradaptasi, tapi bagaimana kita bisa cerdas gunakan teknologi, yang dapat mendukung pelaksaan tugas kita, bukan malah kita keluar dari aturan yang ada," ujar dr. Emi saat dihubungi suara.com, beberapa waktu lalu.

Menurutnya jika membuat konten atau menggunakan teknologi tidak pada tempatnya, akan merugikan nama baik bidan Indonesia dan tersandung masalah yang akan merugikan pribadi si bidan itu sendiri.

Baca Juga: TikTok Uji Fitur Baru, Bisa Ketahui Siapa Teman yang Lihat Videonya

"Itu nanti akan sangat merugikan bagi pasien dan bagi bidan itu sendiri kalau nanti akan terkena pelanggaran etik, itu tidak kita harapkan seperti itu," jelas dr. Emi.

Adapun salah satu etika dan standar yang harus diterapkan  bidan yaitu menjaga privasi pasien, termasuk saat pasien dalam kondisi tidak nyaman seperti menunggu kontraksi atau menunggu pembukaan jelang melahirkan, baiknya bidan tetap fokus memantau kondisi pasien.

"Jadi mohon teman-teman bidan di seluruh Indonesia, terutama yang melaksanakan pelayanan klinis, tidak tertutup hanya ditempat praktik mandiri, baik di Puskesmas, di rumah sakit di klinik-klinik atau dimana pun kita harus ikuti semua standar kita," tutup dr. Emi.

Konten viral bidan (Tiktok)
Konten viral bidan (Tiktok)

Sebelumnya, viral di media sosial tiga bidan joget di depan ibu hamil yang akan melahirkan. Aksi ini menuai kecaman warganet yang menganggap perilaku tenaga kesehatan (nakes) ini tidak beretika.

"Untuk tenaga kesehatan, minta tolong ingat-ingat lagi etika profesi saat berhadapan dengan pasien. Privasi pasien adalah segalanya, apalagi berhubungan dengan tindakan-tindakan yang membutuhkan privasi tingkat tinggi. Ngonten boleh, etika profesi jangan dilupakan," tulis @blogdokter lengkap dengan me-mention akun Pengurus Besar Ikatan Bidan Indonesia, @PPIBI. 

Baca Juga: Pria Korea Ini Santap 2 Bungkus Nasi Padang Lauk Rendang: Harus Pakai Tangan

Komentar