facebook

Perut Membesar Seperti Hamil 9 Bulan, Ternyata Wanita Ini Idap Penyakit Serius

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Perut Membesar Seperti Hamil 9 Bulan, Ternyata Wanita Ini Idap Penyakit Serius
Ilustrasi wanita idap kista ovarium (freepik)

Seorang wanita menderita penyakit serius yang membuat perutnya membesar seperti hamil 9 bulan.

Suara.com - Seorang wanita terlihat seperti hamil 9 bulan, tapi ternyata sedang menderita penyakit kista ovarium. Kondisi ini membuat perutnya membesar seperti hamil tua.

Mulanya, Hollie Welham meyakini dirinya sedang hamil. Itu karena dia merasa mual dan melihat perutnya mulai membesar pada awal tahun 2022. Namun, hasil tes kehamilannya justru negatif.

Welham pun disarankan melakukan tes USG karena gejalanya terus memburuk, seperti kram parah, pendarahan dan sakit punggung.

Saat itu, dokter menemukan ia sedang tidak mengandung bayi, melainkan ada kista besar yang tumbuh di ovarium kanan sehingga membuat perutnya membesar.

Baca Juga: Kenali Faktor Risiko Stroke Ringan, Kondisi yang Diam-Diam Dialami Pelawak Doyok

Karena itu, dokter menyarankan Welham melakukan operasi pengangkatan. Sementara menunggu waktu untuk operasi, Welham melihat perutnya semakin membesar setiap hari.

Ilustrasi wanita seperti hamil (Pexels)
Ilustrasi wanita seperti hamil (Pexels)

Setelah menjalani operasi laparoskopi, kista ovariumnya diketahui sebesar 27 cm yang mana lebih besar dari bola sepak. Perut Welham membesar seperti orang hamil karena kista ovarium yang cukup besar itu dan penumpukan cairan.

Seorang ahli bedah di Rumah Sakit Musgrove di Taunton, Inggris, berhasil mengangkat kista, bersama dengan ovarium kanan dan tuba falopi. Setelah itu, perut Welham pun kembali ke ukuran normal.

"Awalnya, saya pikir sedang hamil karena semua gejalanya mengarah ke sana dan perut saya tumbuh lebih besar setiap hari," kata Welham dikutip dari News Week.

Saat pemeriksaan, dokter menyatakan dirinya tidak hamil dan menyarankan dua melakukan pemindaian ultrasound karena merasakan ada sesuatu yang kental di perutnya.

Baca Juga: Doyok Sempat Kena Stroke, Ketahui Metode Tes FAST untuk Cegah Dampak Buruk Jangka Panjang

Hasil pemindaian itulah yang menunjukkan adanya kista ovarium berukuran cukup besar di ovarium kanannya.

Komentar