facebook

5 Makanan yang Bisa Hambat Penurunan Berat Badan, Ini Alasannya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
5 Makanan yang Bisa Hambat Penurunan Berat Badan, Ini Alasannya
Ilustrasi timbangan berat badan (Unsplash/I Yunmai)

Ada beberapa makanan yang bisa menghambat proses penurunan berat badan sehingga Anda harus menghindarinya.

Suara.com - Setiap orang pasti ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Itulah mengapa banyak orang rela melakukan apa pun untuk menurunkan berat badan.

Salah satu upaya yang banyak dilakukan adalah diet ketat untuk membantu menurunkan berat badan. Namun, Anda harus tahu bahwa tak semua makanan mendukung penurunan berat badan.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena menghambat penurunan berat badan. Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa makanan yang harus dihindari.

1. Pasta

Baca Juga: Doyok Sempat Kena Stroke, Ketahui Metode Tes FAST untuk Cegah Dampak Buruk Jangka Panjang

Pasta sangat tinggi karbohidrat. Sebenarnya, karbohidrat baik untuk kesehatan, tetapi bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

Sebuah penelitian terhadap 117.366 orang menunjukkan bahwa asupan karbohidrat yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Ilustrasi makan pasta (Shutterstock)
Ilustrasi makan pasta (Shutterstock)

Karbohirat juga meningkatkan kadar gula darah. Karena itu, kita perlu mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah seimbang, terutama bila ingin menurunkan berat badan.

2. Protein hewani

Protein hewani adalah bagian dari diet setiap orang. Telur, susu, daging, dan sebagainya sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Pelawak Doyok Alami Stroke Ringan, Bisakah Membaik atau Memburuk karena Sejumlah Faktor?

Walau begitu, terlalu banyak mengonsumsinya justru buruk untuk kesehatan. Protein hewani mengandung fosfor dalam jumlah tinggi, yang dapat menyebabkan komplikasi ginjal dan tulang.

Protein hewani bisa memberikan beban yang cukup besar pada ginjal kita. Jadi, Anda harus mengimbanginya dengan konsumsi sayuran dan buah. Ginjal membutuhkan waktu untuk menyaring, sehingga lebih baik menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan ini.

3. Nasi

Nasi salah satu makanan pokok yang bisa menyebabkan banyak masalah, seperti rendahnya kadar kolesterol HDL, kadar trigliserida tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Sebenarnya, makan nasi dalam jumlah seimbang tidak berbahaya. Hanya saja, konsumsi nasi dalam jumlah besar bisa menimbulkan masalah kesehatan.

4. Makanan yang di microwave

Makanan beku yang bisa dimasukkan ke dalam microwave biasanya mengandung sejumlah besar natrium dan gula, bersama dengan bahan kimia dan pengawet.

Makanan ini juga biasanya mengandung aditif plastik atau ftalat, yang bisa masuk ke makanan Anda. Karena itu, hindari makanan ini bila ingin menurunkan berat badan.

5. Jus buah kemasan

Kebanyakan orang akan rajin minum jus buah bila ingin menurunkan berat badan. Tapi, Anda harus tahu bahwa jus buah kemasan berbeda dengan jus buah biasa.

Jus buah kemasan biasanya sudah diproses mengandung banyak gula tambahan. Karena itu, Anda harus menghindarinya bila ingin menurunkan berat badan.

Komentar