facebook

Update Covid-19 Global: EMA Ingin Ada Vaksin Booster Khusus Varian Omicron

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Update Covid-19 Global: EMA Ingin Ada Vaksin Booster Khusus Varian Omicron
Ilustrasi vaksin booster khusus varian omicron. (Freepik)

Vaksin Covid-19 harus bisa menghadapi berbagai varian yang bermunculan.

Suara.com - Update Covid-19 global hari ini menunjukan perkembangan vaksin yang terus diperbaharui, salah satunya EMA (European Medicines Agency) mengatakan pentingnya vaksin booster khusus varian Omicron untuk meningkatkan perlindungan.

Data Worldometers, Sabtu (2/7/2022), mencatat infeksi baru masih bertambah 718 ribu kasus baru sehari, dan sebanyak 1.339 orang yang meninggal dunia dalam satu hari kemarin.

Kini total yang sudah terinfeksi ada 553 juta orang dan 6,3 juta di antaranya meninggal dunia. Jumlah orang yang bisa menularkan virus atau kasus aktif tercatat masih ada 18,8 juta orang.

Mengutip Channel News Asia, EMA baru saja melakukan pertemuan pada Kamis, 30 Juni 2022 yang menyimpulkan bahwa vaksin Covid-19 harus bisa menghadapi varian yang bermunculan.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: Korea Selatan Berhasil Kembangkan Vaksin Dalam Negeri

Vaksin Covid-19 saat ini memang bisa memberikan perlindungan yang baik terhadap risiko rawat inap dan kematian. Tapi efektivitas vaksin cukup terdampak dengan berkembangnya virus dalam beberapa varian.

Sehingga menurut EMA, vaksin booster khusus varian Omicron, disebut bisa sangat meningkatkan dan memperpanjang perlindungan.

Pernyataan ini secara khusus ditujukan pada vaksin mRNA, baik Pfizer dan Moderna, yang telah menguji dan memasukan varian Omicron sehingga vaksin lebih spesifik.

Hal ini juga selaras dengan panduan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, yang mengatakan bahwa vaksin booster khusus varian Omicron bisa membantu melindungi dari jenis varian lain yang akan muncul.

Baca Juga: Update: Kasus Positif Covid-19 Naik 2.149 Orang, 16.174 Pasien Masih Dirawat

Komentar