facebook

Ayah Ayu Ting Ting Baru Saja Jalani Operasi Hernia, Begini Prosedurnya!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Ayah Ayu Ting Ting Baru Saja Jalani Operasi Hernia, Begini Prosedurnya!
Ayah Ojak dirawat di rumah sakit. Ayu Ting Ting dan Umi Kalsum terlihat menemani. [Instagram]

Beberapa waktu lalu, ayah Ayu Ting Ting baru saja menjalani hernia yang ada 3 jenis utama.

Suara.com - Beberapa waktu lalu, ayah Ayu Ting Ting, ayah Ojak baru saja menjalani operasi hernia. Tetapi, hernia yang diidap oleh ayah Ayu Ting Ting ini diketahui masih berukuran kecil.

"Ayah itu kemarin melakukan operasi hernia," ujar Ayu Ting Ting mewakili Ayah Ojak.

Hernia adalah kondisi ketika organ dalam tubuh menonjol melalui dinding otot atau jaringan di sekitarnya.

Bagian organ tersebut muncul melalui area otot atau jaringan yang melemah sehingga muncul tonjolan atau benjolan.

Baca Juga: Penelitian Baru Temukan Gejala Cacar Monyet yang Berbeda dari Sebelumnya

Kondisi ini biasanya ditangani dengan cara pemberian obat-obatan dan operasi. Dilansir dari Cleveland Clinic, ada 3 jenis utama operasi hernia yang merupakan perbaikan terbuka, perbaikan laparoskopi (invasif minimal), dan perbaikan robot.

Pesta Ulang Tahun Abdul Rozak Ayah Ayu Ting Ting di Mekkah (Instagram/@ayutingting92)
Pesta Ulang Tahun Abdul Rozak Ayah Ayu Ting Ting di Mekkah (Instagram/@ayutingting92)

1. Operasi hernia perbaikan terbuka

Operasi hernia perbaikan terbuka adalah sayatan dibuat di selangkangan ketika hernia yang berisi usus menonjol diidentifikasi. Kemudian, dokter akan mendorong hernia kembali ke perut dan memperkuat dinding perut dengan jahitan atau jaring sintesis.

Sebagian besar pasien bisa pulang setelah beberapa jam operasi dan akan baik-baik saja selama beberapa hari. Tapi, aktivitas berat dan olahraga dibatasi selama empat hingga enam minggu setelah operasi.

2. Operasi hernia perbaikan laparoskopi

Baca Juga: Nuri Shaden Tidak Bisa Minum Air selama Kehamilan, Waspadai Efeknya pada Ibu Hamil!

Operasi hernia perbaikan laparoskopi menggunakan laparoskop, instrumen tipis seperti teleskop yang dimasukkan melalui sayatan kecil di pusar.

Prosedur ini biasanya dilakukan dengan anestesi umum. Jadi, Anda akan menjalani evaluasi keadaan kesehatan Anda secara umum, termasuk riwayat, pemeriksaan fisik (dan mungkin pekerjaan laboratorium) dan elektrokardiogram (EKG) sebelum operasi.

Perut dipompa dengan gas yang tidak berbahaya (karbon dioksida), yang menciptakan ruang untuk memungkinkan dokter melihat struktur internal Anda. Peritoneum ( lapisan dalam perut) dipotong untuk memperlihatkan kelemahan pada dinding perut. Mesh ditempatkan di bagian dalam untuk menutupi cacat di dinding perut dan memperkuat jaringan.

Setelah prosedur selesai, sayatan kecil di perut ditutup dengan satu atau dua jahitan atau dengan pita bedah. Dalam beberapa bulan, sayatan hampir tidak terlihat.

3. Operasi hernia perbaikan robotik

Operasi hernia perbaikan robotik mirip dengan operasi laproskopi yang menggunakan laparoskop dan dilakukan dengan cara yang sama (sayatan kecil, kamera kecil, penggelembungan perut, memproyeksikan bagian dalam perut ke layar televisi).

Tapi, bedah robotik berbeda dari bedah laparoskopi di mana ahli bedah duduk di konsol di ruang operasi dan menangani instrumen bedah dari konsol.

Sementara operasi robotik dapat digunakan untuk beberapa hernia yang lebih kecil atau area yang lemah.

Salah satu perbedaan terbesar antara operasi laparoskopi dan operasi robotik adalah penggunaan robot memberikan gambar tiga dimensi yang sangat baik dari bagian dalam perut.

Bedah robotik juga memungkinkan ahli bedah udah menggunakan jahitan untuk menjahit jaringan dan jerat di dalam perut.

Komentar