Kontrol Diabetes, Minuman Jahe Bisa Turunkan Gula Darah Dalam Beberapa Jam

Arendya Nariswari, Shevinna Putti Anggraeni

Selasa, 19 Juli 2022 | 17:17 WIB
Kontrol Diabetes, Minuman Jahe Bisa Turunkan Gula Darah Dalam Beberapa Jam
Ilustrasi jahe (Pixabay.com/congerdesign)

Suara.com - Diabetes tipe 2 adalah produk dari produksi insulin yang buruk. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur gula darah, yakni jenis gula utama dalam darah.

Jika Anda memiliki diabetes tipe 2, sekresi insulin terhambat dan akibatnya kadar gula darah tidak terkontrol.

Salah satu kunci mengatasi kondisi ini adalah mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah dan memoderasi dampaknya.

Dalam hal ini, teh jahe terbukti memiliki manfaat kesehatan jangka pendek dan panjang, terutama dalam mengontrol kadar gula darah.

Jahe yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan ini bisa mengobati berbagai penyakit. Anda bisa mengonsumsi dalam bentuk jahe segar, kering atau bubuk sebagai teh, makanan, atau suplemen.

Rempah-rempah memiliki banyak manfaat potensial. Sebuah penelitian dalam Journal of Ethnic Foods mengatakan jahe bisa mengurangi gula darah tinggi.

Ilustrasi diabetes, gula darah. (Foto oleh PhotoMIX Company dari Pexels)
Ilustrasi diabetes, gula darah. (Foto oleh PhotoMIX Company dari Pexels)

Karena itu, peneliti melakukan tinjauan sistematis terhadap penggunaan jahe untuk menurunkan gula darah tinggi.

"Beberapa uji klinis baru-baru ini diterbitkan pada tahun 2013 dan 2014. Meskipun kecil, ini telah menambahkan bukti baru yang kontradiktif tetapi menarik tentang penggunaan jahe dalam mengobati diabetes pada manusia," kata para peneliti dikutip dari Express.

Mereka pun melakukan tinjauan sistematis dan meta-analisis dengan menggunakan jahe untuk mengobati diabetes. Lima uji klinis acak (RCT) diidentifikasi dan dimasukkan dalam meta-analisis.

baca juga

RCT adalah studi prospektif yang mengukur efektivitas intervensi atau pengobatan baru. Empat dari RCT dianggap berkualitas tinggi dan berlangsung selama lebih dari berminggu-minggu.

Sedangkan 1 RCT lainnya hanya bertahan selama 30 hari dan dianggap berkualitas rendah.

Para peneliti juga memberikan perhatian khusus pada dampak glukosa darah puasa dan HbA1c dalam penelitian untuk mengukur dampak pada kadar gula darah rata-rata.

Glukosa darah puasa ini diperoleh dari mengukur kadar gula darah rata-rata setelah puasa 8 jam dan HbA1c diperoleh dari mengukur gula darah selama dua hingga tiga bulan.

Hasilnya, suplemen jahe menurunkan konsentrasi glukosa darah puasa dan kadar HbA1c dalam beberapa jam.

"Suplemen akar jahe secara signifikan menurunkan kadar glukosa darah dan HbA1c," jelasnya.

Bila konsumsi suplemen jahe dikombinasikan dengan diet dan gaya hidup sehat, ini akan lebih efektif dalam mengontrol diabetes mellitus tipe 2.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

4 Manfaat Petai Cina, Bagus untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

4 Manfaat Petai Cina, Bagus untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Health | Selasa, 19 Juli 2022 | 12:17 WIB

3 Cara Mengonsumsi Buah Pare untuk Mengobati Penyakit Diabetes

3 Cara Mengonsumsi Buah Pare untuk Mengobati Penyakit Diabetes

Your Say | Jum'at, 15 Juli 2022 | 21:50 WIB

Awas, Wanita dengan Diabetes Berisiko Tinggi Mengembangkan Infeksi Saluran Kemih

Awas, Wanita dengan Diabetes Berisiko Tinggi Mengembangkan Infeksi Saluran Kemih

Health | Jum'at, 15 Juli 2022 | 16:17 WIB

Terkini

Bukan Cuma Jasad, Tanah Makam Sutrimo Juga Diambil untuk Pemeriksaan Forensik

Bukan Cuma Jasad, Tanah Makam Sutrimo Juga Diambil untuk Pemeriksaan Forensik

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:18 WIB

Bara di Anak Tuha: Saat Sengketa Lahan Berujung Pembakaran PT BSA

Bara di Anak Tuha: Saat Sengketa Lahan Berujung Pembakaran PT BSA

Lampung | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:11 WIB

Bahaya Scroll Society: Saat Anak Muda Mahir Scrolling, Lupa Berpikir

Bahaya Scroll Society: Saat Anak Muda Mahir Scrolling, Lupa Berpikir

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:10 WIB

Profil dan Karier Aida Budiman yang Diusulkan Prabowo Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Profil dan Karier Aida Budiman yang Diusulkan Prabowo Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:08 WIB

Broker Global Kantongi Lisensi Seychelles, Standar Regulasi Makin Diperkuat

Broker Global Kantongi Lisensi Seychelles, Standar Regulasi Makin Diperkuat

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:04 WIB

Jalan Gelap Membawa Petaka: 3 Nyawa Melayang Usai 2 Motor Terlibat Adu Banteng di Mojokerto

Jalan Gelap Membawa Petaka: 3 Nyawa Melayang Usai 2 Motor Terlibat Adu Banteng di Mojokerto

Jatim | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:01 WIB

Sambut HUT RI, Monumen 9 Pilar Bogor Berbalut Merah Putih

Sambut HUT RI, Monumen 9 Pilar Bogor Berbalut Merah Putih

Foto | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:00 WIB

5 Gold ETF Syariah Resmi Diluncurkan, Analis Soroti Dampaknya Pada Pasar Emas

5 Gold ETF Syariah Resmi Diluncurkan, Analis Soroti Dampaknya Pada Pasar Emas

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:57 WIB

Akses Keuangan Melesat, Literasi Tertinggal: Trader Muda Diminta Waspadai Risiko

Akses Keuangan Melesat, Literasi Tertinggal: Trader Muda Diminta Waspadai Risiko

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:54 WIB

Bocoran HP Agustus 2026: Ada yang Punya Kamera Robot

Bocoran HP Agustus 2026: Ada yang Punya Kamera Robot

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 07:50 WIB

×