Pemanis Buatan Juga Bisa Memengaruhi Kadar Gula Darah, Sanggup Picu Diabetes?

Cesar Uji Tawakal, Rosiana Chozanah

Senin, 22 Agustus 2022 | 10:55 WIB
Pemanis Buatan Juga Bisa Memengaruhi Kadar Gula Darah, Sanggup Picu Diabetes?
Ilustrasi pemanis buatan. (Shutterstock)

Suara.com - Pemanis asli memang dapat menambah kalori, tetapi pemanis buatan dapat menyebabkan diabetes, Sebab, pemanis buatan dapat mengubah kadar gula darah.

Menurut data terbaru yang terbit di jurnal Cell, ilmuwan menemukan bahwa pemanis buatan dapat mengubah mikroba di usus dengan memengaruhi kadar gula darah.

Peneliti pernah mengidentifikasi fenomena yang sama pada tikus ketika tahun 2014. Dari studi ini, mereka pun penasaran apakah hasilnya juga akan sama.

Pemanis buatan, seperti sakarin atau aspartam, terkandung dalam banyak produk minuman dan makanan kemasan. Selama ini, produsen menyangkal bahwa pemanis buatan tersebut memiliki efek buruk pada tubuh.

Namun, data terbaru ini menunjukkan bahwa kita perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Ilustrasi pemanis buatan (Shuttertock)

Dalam studi ini, peneliti membagi kelompok menjadi enam, yang terdiri dari dua kelompok kontrol dan empat kelompok lain yang mengonsumsi pemanis buatan, seperti aspartam, sakarin, stevia, atau suklarosa.

"Kami menemukan dua pemanis buatan, (yakni) sakarin dan suklarosa, secara signifikan berdampak pada toleransi glukosa pada orang dewasa yang sehat," kata penulis senior Eran Elinav dari Pusat Kanker Nasional Jerman, dikutip New York Post.

Menariknya, perubahan pada mikroba di usus sangat berkolerasi dengan perubahan dalam respons kadar gula darah.

Tetapi, peneliti menambahkan bahwa hasilnya dapat berbeda pada tiap orang. Ini tergantung pada variasi mikroba di usus orang yang mengonsumsinya.

baca juga

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa pemanis buatan dapat memiliki efek buruk pada metabolisme dan pengendalian nafsu makan seseorang.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

5 Tips dan Cara Memilih Kurma yang Bagus dan Manis Tanpa Pemanis Buatan

5 Tips dan Cara Memilih Kurma yang Bagus dan Manis Tanpa Pemanis Buatan

Lifestyle | Rabu, 06 April 2022 | 10:00 WIB

Pemanis Buatan Meningkatkan Risiko Kanker Payudara, Ganti dengan 4 Pilihan Alami Ini!

Pemanis Buatan Meningkatkan Risiko Kanker Payudara, Ganti dengan 4 Pilihan Alami Ini!

Health | Minggu, 27 Maret 2022 | 19:51 WIB

Dua Pemanis Buatan pada Minuman Kemasan Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara, Apa Saja?

Dua Pemanis Buatan pada Minuman Kemasan Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara, Apa Saja?

Health | Minggu, 27 Maret 2022 | 17:53 WIB

Terkini

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:53 WIB

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Bogor | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:37 WIB

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Jabar | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:13 WIB

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:03 WIB

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:35 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:27 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:21 WIB

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Riau | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:47 WIB

×