Tukul Arwana Sudah Setahun Lebih Terbaring karena Stroke, Memang Penyembuhannya Berapa Lama?

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Tukul Arwana Sudah Setahun Lebih Terbaring karena Stroke, Memang Penyembuhannya Berapa Lama?
Tukul Arwana dan Vega Darwanti [Instagram/vegadarwanti123]

Sudah setahun lebih jalani pengobatan, Tukul Arwana masih harus mengikuti proses pemulihan. Berapa lama sih penyembuhan penyakit stroke?

Suara.com - Presenter Tukul Arwana masih berjuang melawan stroke yang dialaminya sejak tahun lalu. Kini sudah setahun lebih jalani pengobatan, Tukul masih harus mengikuti proses pemulihan.

"Mas Tukul masih fisioterapi, masih berjalan," ungkap partner presenternya Vega Darwanti di kawasan Kuningan, Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Proses pemulihan Tukul Arwana memang terbilang lambat. Menurut cerita Vega, sang komedian belum bisa bicara lagi.

Potret Kondisi Terkini Tukul Arwana (YouTube/Indosiar)
Potret Kondisi Terkini Tukul Arwana (YouTube/Indosiar)

"Untuk komunikasi yang lancar, belum," kata Vega Darwanti.

Baca Juga: Kenali 5 Gejala Stroke, Lakukan Penanganan Sedini Mungkin

Namun sebagai orang yang sejak awal mengikuti perkembangan kesehatan Tukul, Vega memastikan kondisi lelaki 59 tahun itu semakin baik tiap harinya.

"Sudah jauh lebih baik lah, alhamdulillah. Mas Tukul mah happy dia, senang gitu, senyum-senyum terus," sambung Vega.

Tukul alami pendarahan di otak pada September 2021 lalu. Ia langsung dibawa ke rumah sakit dan jalani perawatan juga terapi intensif sampai sekarang. Itu sebabnya, presenter tersebut sudah jarang terlihat di layar televisi.

Stroke termasuk salah satu penyebab utama kecacatan serius. Dikutip Alodokter, pemulihan pasca stroke cukup bervariasi dengan rata-rata pemulihan terjadi dalam 3-4 bulan pasca stroke. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pemulihan yang lebih lama hinga beberapa tahun.

Lama singkatnya pemulihan stroke tergantung dari derajat keparahan, luasnya area otak yang terlibat, cepatnya mendapatkan penanganan medis, dan terapi atau latihan fisik pasca stroke yang dijalani pasien.

Baca Juga: 5 Orang Sukses di Dunia yang Berani Berkorban, Salah Satunya dari Indonesia

Pada kasus yang cukup ringan umumnya penderita dapat kembali beraktivitas sepenuhnya dalam beberapa bulan hingga 1 tahun. Namun pada kasus yang lebih berat, penanganan yang terlambat serta tidak adanya latihan fisik yang sesuai, pasien bisa alami gejala sisa yang menetap akibat stroke.