Seputar Haid Pertama Setelah Melahirkan

Esti Utami | Dinda Rachmawati
Seputar Haid Pertama Setelah Melahirkan
Ilustrasi (shutterstock)

Lebih berat dan lebih lama dari biasa.

Suara.com - Banyak perempuan yang baru melahirkan, menyimpan sederet pertanyaan tentang haid pertama mereka setelah kehamilan. Bagi kebanyakan perempuan, menstruasi pertama datang dengan banyak faktor yang mempengaruhi sehingga kembalinya siklus menstruasi.

Jika Anda tak yakin kapan haid pertama akan tiba, mungkin Anda perlu tahu bahwa pada kebanyakan perempuan haid itu akan datang pada empat minggu hingga enam bulan setelah melahirkan.

Namun, jika ini bukan kehamilan pertama Anda, Anda harus tahu bahwa setiap kehamilan berbeda dan mungkin ada penundaan atau bisa juga terjadi pada tanggal yang lebih awal. Bahkan jika haid Anda kembali tepat enam minggu setelah kelahiran anak pertama Anda, ini tidak berarti siklus menstruasi Anda akan kembali pada titik yang sama saat kehamilan kedua.

Haid pertama setelah kehamilan biasanya sangat menyakitkan. Hal ini karena perubahan hormonal dalam tubuh, dari menjadi hamil dan tidak menstruasi selama sembilan bulan. Tapi bagian baiknya adalah bahwa haid Anda setelah kehamilan akan kembali normal setelah beberapa bulan.

Menurut para ahli, ketika seseorang mendapatkan haid pertama setelah melahirkan, biasanya akan lebih banyak dan berlangsung lebih dari lima sampai tujuh hari. Bahkan pada banyak perempuan, hal ini bisa berlangsung selama dua atau tiga minggu.  Ini mungkin bisa menjadi pikiran yang menakutkan. Dan jika terjadi untuk jangka waktu yang lama, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Masalah utama lainnya yang dihadapi oleh banyak perempuan adalah perlu menyesuaikan diri saat menggunakan tampon atau pembalut. Setelah masa kehamilan, otot-otot vagina melemah dan menyebabkan leher rahim Anda turun lebih jauh dari biasanya.

Hal ini akan membuat tampon bisa dengan mudah lepas dari vagina, sehingga penggunaan pembalut akan lebih nyaman dan lebih disarankan. Untuk mengencangkan otot vagina, dokter menyarankan untuk melakukan latihan kegel tiga kali dalam sehari. (boldsky.com)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS