Hebat, Dalang Cilik Ini Sudah Berbakat sejak Umur 4 Tahun

Arsito Hidayatullah
Hebat, Dalang Cilik Ini Sudah Berbakat sejak Umur 4 Tahun
Dalang cilik, Woro Mustiko Siwi (13), Minggu (30/8/2015). [Suara.com/Labib Zamani]

Sudah meraih berbagai gelar juara dan juga jago nyanyi, dia berharap bisa 'go international'.

Suara.com - Darah seni yang diturunkan dari orangtua, buyut dan eyangnya, mengantarkan Woro Mustiko Siwi (13) menjadi dalang cilik yang serba bisa. Selain jago mendalang, bocah berparas ayu ini nyatanya juga piawai menari, menyanyi serta nyinden.

Woro dilahirkan dan besar di lingkungan keluarga yang memang kental darah seninya. Waktu masih muda, buyutnya memang berprofesi sebagai seorang dalang wayang kulit. Begitu juga dengan kakeknya yang bernama Sri Hadi, sudah dikenal sebagai dalang kondang di Kota Semarang.

Itulah yang membuat bakat seni gadis kelahiran Semarang, 29 Agustus 2002, ini tampak begitu besar. Tak ayal, saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), Woro pun pernah mendapat juara pertama lomba dalang cilik tingkat nasional.

Bakat mendalang sendiri muncul saat dirinya masih berumur empat tahun. Awalnya, ketika itu ada acara Temu Dalang Bocah di Solo. Melihat pesertanya yang memang anak-anak, Woro pun tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Woro sendiri saat masih tinggal di Semarang, juga sudah pernah diajari oleh kakeknya mendalang. Woro belajar bagaimana memainkan wayang, memahami alur cerita atau dialog, sampai mempraktikkannya sendiri.

"Awalnya memang sangat sulit, karena belajar cengkok dulu. Karena sering berlatih dan belajar, akhirnya menjadi terbiasa sampai sekarang. Waktu itu saya masih kelas tiga SD," kata siswi SMP Negeri 5 Solo, Jawa Tengah, ini kepada Suara.com, Minggu (30/8/2015).

Putri dari pasangan Agus Purwo Murdoko (34) dan Retno Musthi Sari (33) ini mengaku pertama kali tampil mendalang dalam acara pernikahan buleknya di desa.

"Saya membawakan adegan Perang Kembang," jelas warga Demangan, Ngemplak, Kartasura, Sukoharjo ini.

Berikutnya, berbagai perlombaan dan festival dalang pun kerap dia ikuti. Bahkan, belum lama ini, Woro kembali meraih juara pertama nasional lomba dalang cilik tingkat SMP, dalam acara Dies Natalis di Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tahun 2015.

Dalam perlombaan itu, kata Woro, ada 25 peserta perwakilan dari berbagai kota di Indonesia. Woro sendiri ternyata menjadi satu-satunya peserta perempuan dalam perlombaan tersebut.

"Awalnya sempat minder dan pesimistis. Namun berkat dukungan orangtua, saya dapat menjuarai lomba dalang cilik dan keluar sebagai juara pertama tingkat nasional," tuturnya.

Selain memiliki bakat mendalang, Woro juga sering terlibat dalam konser nasional. Di antaranya adalah konser "40 Tahun Erros Djarot Berkarya", konser "Satu Indonesia" untuk Guruh Soekarno Putra. Sementara pada tahun 2014 lalu, Woro juga mendapat penghargaan Anugerah Musik Indonesia untuk Kategori Penyanyi Anak Wanita Terbaik.

"Harapannya ke depan bisa go international," ungkap penggemar bakso ini. [Labib Zamani]

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:

Pasti Kamu Banyak yang Belum Tahu Tentang 9 Mitos Ini

7 Hadiah Ulang Tahun Terlebay yang Pernah Ada Di Dunia Ini, Siapa Tahu Bikin Ngiri

Inilah 5 Pangeran Tampan Selain William dan Harry

Wah, Mereka Tak Kenakan Apa-apa Selain Kantong Plastik

Curhat KD Bikin Azriel Sedih

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS