Qatar Airways Buka Rute Penerbangan Terjauh di Dunia

Liberty Jemadu
Qatar Airways Buka Rute Penerbangan Terjauh di Dunia
Sebuah pesawat Boeing 777 yang dioperasikan oleh Qatar Airways sedang terbang (Shutterstock).

Memakan waktu 17 jam 30 menit.

Suara.com - Maskapai Qatar Airways, pada Minggu (5/2/2017), meluncurkan penerbangan terjauh di dunia dengan rute Doha - Auckland, Selandia Baru.

Peluncuran itu ditandai dengan terbangnya Qatar Airways bernomor penerbangan QR920 dari Ibu Kota Qatar pada Minggu pagi pukul 5.02 waktu setempat. Pesawat itu rencananya tiba di Auckland pada Senin pagi, sekitar pukul 7.30 waktu setempat.

Penerbangan yang menggunakan pesawat Boeing 777 itu akan memakan waktu selama 16 jam 20 menit, melewati 10 zona waktu, lima negara, dan menempuh jarak 14.535 kilometer.



Sementara perjalanan sebaliknya, Auckland-Doha akan memakan waktu selama 17 jam 30 menit, karena pesawat akan melawan arus angin high altitude.

Dengan jarak dan waktu tempuh ini, maka penerbangan Qatar Airways Doha-Auckland ini dinobatkan sebagai penerbangan terjauh di dunia, demikian dilaporkan flightradar24, seperti dikutip dari AFP.

Adapun Qatar Airways tidak membeberkan jumlah penumpang untuk rute tersebut pada Minggu. Meski demikian pesawat itu sendiri diawaki oleh empat pilot dan 15 kru.

Dengan rute baru ini, Qatar Airways mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Emirates, maskapai milik tetangga di Teluk, Uni Emirat Arab. Pada Maret 2016 lalu, Emirates meluncurkan rute Dubai-Auckland yang menempuh jarak 14.200km.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS