alexametrics

Ini Tanda Anda Sudah Ketagihan Belanja Online

Angelina Donna
Ini Tanda Anda Sudah Ketagihan Belanja Online

Apakah Anda keseringan browsing internet dan mencari promo barang online?

Suara.com - Online shop memang memang membuat mudah konsumen, karena tidak perlu repot-repot ke toko atau mal. Tetapi, jangan sampai Anda ketagihan saat belanja online.  Selama masih wajar, belanja online nggak jadi soal. Tetapi, kalau udah mengganggu keuangan hingga mengusik tabungan, ini bahaya.

Nah, saatnya mencari tahu, apakah kita sudah kebablasan belanja online lewat 6 hal ini:

Frekuensi belanja online bak laju terus meningkat
Awalnya iseng eh lama-kelamaan kok jadi rutinitas Dari yang tadinya cuma sebulan sekali jadi seminggu sekali hingga setiap hari. Nah, jika Anda mengalami hal ini, berarti sudah kebablasan. Sebaiknya Anda mulai mengurangi frekuensinya.

Tagihan menggunung
Zaman sekarang kartu kredit sudah jadi bagian dari gaya hidup sebagian besar dari kita. Jika saat tagihan kartu kredit numpuk dan mulai kewalahan untuk melunasinya, cek dengan teliti dulu deh.
Siapa tahu pas dilihat isi tagihan didominasi oleh belanja online. Ini emang salah satu kemudahan yang ditawarkan belanja online, yaitu cara pembayaran dengan kartu kredit. Bahkan banyak situs belanja online yang nawarin diskon pakai kartu kredit.

Sering browsing
Semua orang sudah familiar sama teknologi internet. Tapi waspada deh saat kegiatan browsing sudah mendominasi. Telaah lagi apakah kegiatan browsing kita lebih sering buat cari online shop baru, atau cek email promo. Kalau begini, berarti Anda sudah kebablasan.

Rasa penasaran
Penasaran di sini bukan penasaran sama gebetan trus stalking media sosialnya. Tetapi lebih ke nggak bisa fokus ke kerjaan, karena teralihkan dan kepikiran soal tas atau baju yang lagi promo di online shop A, B, C dan seterusya.

Ini sih udah jelas menandakan kalau Anda sudah ketagihan belanja online.

Mulai jarang ke toko fisik
Ketika Anda mulai jarang belanja langsung ke toko dan lebih sering dan suka belanja online. Ini juga jadi salah satu pertanda kalau kita lebih memilih belanja online.
Nggak salah sih sebenarnya. Karena kita merasa lebih nyaman dengan fasilitas yang ditawarkan oleh teknologi online shopping. Mulai dari memilih barang, promo, kemudahan pembayaran hingga pengiriman, hemat waktu nggak perlu macet dan capek di perjalanan. Tetapi ingat, Anda jangan keenakan dan kebablasan dengan memesan barang-barang yang tidak perlu di online shop.


Baca juga artikel DuitPintar lainnya:

Belanja E-commerce Makin Mudah, Tapi Sudah Tahu Cara Berbelanja Online Aman?

Kamu Hobi Belanja Online? Simak Nih 7 Tips Belanja Online yang Aman dan Smart di Instagram