Ingin Tampil Lebih Percaya Diri? Kenakan Baju Warna Ini

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Ingin Tampil Lebih Percaya Diri? Kenakan Baju Warna Ini
Ilustrasi busana berwarna merah. (Pixabay)

Warna-warna hangat, kata peneliti, bisa membuat seseorang merasa lebih percaya diri, apa saja?

Suara.com - Ingin tampil lebih percaya diri ? Cobalah kenakan sesuatu yang berwarna merah. Sebuah studi yang dilakukan European Journal of Social Psychology baru-baru ini menemukan, bahwa seseorang akan merasa lebih menarik secara fisik saat mengenakan warna-warna hangat.

Peneliti dari Jerman mengamati perilaku 180 mahasiswa saat mengenakan baju merah atau biru. Mereka ditempatkan dalam bilik-bilik kecil yang berisi cermin untuk melihat diri mereka sendiri di cermin.

Mereka juga melakukan satu percobaan di mana mereka mengambil foto dirinya sendiri. Setelah itu, para mahasiswa tadi diminta untuk menyelesaikan sebuah survei yang mencakup pertanyaan tentang betapa menariknya mereka saat memandang diri mereka sendiri.

Peneliti mengatakan kepada peserta studi tersebut, bahwa survei ini dapat memprediksi ciri kepribadian tertentu berdasarkan fitur wajah.

Hasilnya, mereka yang memakai baju warna merah menilai bahwa daya tarik mereka lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Mereka juga menilai dirinya lebih tinggi dalam hal daya tarik seksual.

Namun, ada beberapa keberatan yang diajukan terkait dengan hasil studi ini. Bahwa keberhasilan "efek merah" mungkin tidak bekerja pada semua orang.

Beberapa orang yang mungkin lebih pemalu atau tidak suka menjadi pusat perhatian atau mungkin akan melihat dirinya berbeda jika mereka mengenakan warna merah. Menurut penulis penelitian, persepsi itu mungkin juga akan hilang seiring berjalannya waktu.

"Kami perlu menyelidiki bagaimana karakteristik kepribadian yang berbeda berinteraksi dengan efeknya," penulis studi Anne Berthold, seorang peneliti dari University of Zurich, dilansir Huffington Post.

Juga, kata dia, mungkin saja efeknya hilang saat seseorang memakai warna merah setiap hari. Berthold juga mengatakan, rasanya mereka tidak benar-benar membuat orang berpikir bahwa mereka terlihat lebih menarik - bisa jadi fakta bahwa itu adalah rona perhatian.

Itu berarti peningkatan daya ingat yang dirasakan, dalam kasus ini, bisa jadi karena orang tersebut memperhatikan dirinya sendiri lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, 180 peserta adalah ukuran sampel yang agak kecil. Jadi, sulit untuk mengetahui apakah ini bisa berlaku untuk populasi umum. Apalagi studi tersebut juga tidak menjelaskan apakah hasilnya diterapkan pada satu jenis kelamin atau satu warna kulit.

Namun yang perlu diingat bahwa sudah ada penelitian psikologis sebelumnya yang mendukung gagasan bahwa warna bisa mengubah persepsi seseorang.

Sebuah penelitian pada 2010 menemukan bahwa perempuan memandang lelaki lebih menarik saat mengenakan warna merah. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa warna berhubungan dengan mental denqan kekuatan.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa melihat warna biru bisa membuat orang lebih kreatif, serta melihat merah bisa membuat pekerjaan seseorang lebih akurat.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS