Begini Cara Bikin Generasi Muda Siap Bersaing secara Global

Dythia Novianty | Dinda Rachmawati
Begini Cara Bikin Generasi Muda Siap Bersaing secara Global
Globalisasi. [Shutterstock]

Generasi muda saat ini harus dibentuk sedemikian rupa untuk menghadapi persaingan global.

Suara.com - Generasi muda saat ini harus dibentuk sedemikian rupa untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Salah satu dasar untuk bisa mempersiapkan generasi muda yang berkualitas adalah melalui jalur pendidikan yang tepat.

Dari sinilah, mereka dapat mulai dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja di masa mendatang dan berkesempatan mempelajari keterampilan baru, meningkatkan kemampuan mereka agar mampu memenuhi tuntutan di dunia kerja.

Sekretaris Jenderal Management Development Institute of Singapore (MDIS), Dr. R Theyvendran mengungkap bahwa pihaknya saat ini terus berbenah untuk tujuan tersebut dengan menyediakan program-program berbasis kompetensi yang diakui secara global. Semua itu dilakukan melalui kerjasamanya dengan universitas-universitas yang terakreditasi secara internasional.

"MDIS percaya bahwa pembelajaran yang berkelanjutan atau lifelong learning dapat terbentuk melalui keterampilan-keterampilan handal agar dapat memenuhi kebutuhan industri yang beragam. Maka, saat ini kami fokus untuk menyediakan program-program studi yang relevan di industri terkait dengan memberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan praktis," ungkap dia.

Melalui hal ini, dia berharap bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya, akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana pendidikan di MDIS dapat membentuk karir mereka di masa mendatang.

Dalam tiga tahun kedepan, lanjut dia, MDIS akan memperluas cakupan program kejuruan yang akan meliputi sembilan area kunci akademik, yakni Teknik, Fashion, F&B (Food & Beverage), Health & Safety, Ilmu Kesehatan (Healthcare Support), Life/Health Sciences, Teknologi Informasi, Kepemimpinan dan Pengelolaan SDM (Leadership & People Management), serta Media dan Komunikasi.

Program-program studi tersebut menawarkan kurikulum yang memiliki fokus utama dalam mengembangkan keterampilan praktis siswa di industri terkait serta berbagai pilihan yang beragam bagi para siswa yang tertarik untuk menempuh studi bertaraf internasional di MDIS, Singapura.

Belum lama ini, MDIS memperluas kerja samanya dengan universitas-universitas bertaraf global, dengan penambahan fakultas baru yaitu MDIS School of Nursing demi memenuhi kebutuhan industri akan ketersediaan para ahli keperawatan dan profesi sejenis di bidang kesehatan, melalui dukungan kolaboratif bersama Edinburgh Napier University dari Inggris dalam program Bachelor of Science Nursing (Top-Up).

Suasana belajar yang kondusif dan lingkungan yang multi kultural bersama teman-teman dari 80 negara yang berbeda-beda, kata dia juga membuat para mahasiswa mulai belajar dan berinteraksi ragam budaya dari seluruh dunia yang akan bermanfaat di masa depan saat mereka mulai memasuki dunia kerja.

MDIS akan berpartisipasi dalam beberapa Education Fair dari tanggal 5 hingga 15 Agustus 2017 untuk mengenalkan program-program baru MDIS, yang dirancang secara khusus untuk mengasah keterampilan praktis mahasiswa.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS