Alexa

Fasilitas Rahasia di Pesawat yang Bisa Menyelamatkan Hidup Anda

Chaerunnisa | Firsta Nodia
Fasilitas Rahasia di Pesawat yang Bisa Menyelamatkan Hidup Anda
Ilustrasi penumpang pesawat (Shutterstock)

Ada fasilitas rahasia di pesawat yang bisa menyelamatkan hidup Anda.

Suara.com - Kita semua tahu setiap pesawat menyediakan jaket pelampung di bawah jok, dan masker oksigen di bawah bagasi kabin jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat. Namun, tahukah Anda ada beberapa fasilitas di dalam pesawat yang selama ini tidak diketahui oleh para penumpang?

Pesawat terbang dirancang dengan tingkat keamanan yang tinggi untuk memastikan para penumpang selamat. Ada beberapa fasilitas pesawat yang mungkin belum Anda tahu, seperti pegangan rahasia di bawah bagasi kabin dan lubang kecil pada jendela yang dapat menyelamatkan hidup Anda.

Menurut Conde Nast Traveller, kebanyakan pesawat yang diproduksi dalam 15 tahun terakhir menambahkan fasilitas pegangan tepat di bawah bagasi kabin. Fasilitas tambahan ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu pesawat mengalami goncangan dalam posisi tidak pada kursinya.

Ada juga tombol "rahasia" di samping sandaran tangan pada kursi yang bertujuan untuk mempermudah penumpang mengevakuasi diri ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tombol rahasia ini memungkinkan kursi bisa kembali pada posisi semula dalam waktu cepat, sehingga penumpang bisa leluasa keluar dari kursinya.

Lalu pernahkah Anda melihat kait kuning kecil yang ada di sayap pesawat? Mungkin selama ini Anda tak memerhatikannya, tapi kait kecil ini bisa menyelamatkan hidup Anda.

Fasilitas rahasia ini digunakan untuk mengikat tali ke pintu pesawat, dan satu lagi ke balon selancar tiup sehingga penumpang bisa memegangnya saat mereka keluar pesawat dalam kondisi darurat.

Penyelamat potensial lainnya adalah lubang kecil di jendela yang berfungsi mengurangi tekanan pada panel jendela tengah.

Mantan pramugari Heather Wilde mengatakan, staf pesawat tak akan mengonsumsi minuman panas di pesawat. Pasalnya, survei membuktikan satu dari delapan pesawat tidak lolos uji keamanan air.

"Petugas penerbangan tidak akan minum air panas di pesawat. Mereka tidak mau minum kopi biasa dan mereka tidak mau minum teh biasa," tandasnya.

EPA menemukan, satu dari delapan pesawat gagal memenuhi standar untuk keamanan air dan 15 persen sistem air pesawat terbang yang diuji mengandung bakteri yang berpotensi berbahaya. (Independent)


loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Sudah banyak film horor yang dibintangi alm. Suzzanna, mana film yang bikin kamu merinding dan gak bisa tidur? #Didyouknow
.
.
#tahukahkamu #filmlegendaris #legenda #suzana #suzzanna #filmhoror #horormovie #movie #filmindonesia #indonesiamovie #merinding #instagram #suaradotcom

INFOGRAFIS