Sensasi Menyeruput Kopi Bengkulu

Madinah | Dinda Rachmawati
Sensasi Menyeruput Kopi Bengkulu
Sensasi Kopi Bengkulu.

Ditanam di ketinggian 800-1400 di atas permukaan laut.

Suara.com - Kualitas dan citarasa kopi Indonesia, memang sudah tak diragukan lagi. Bahkan kini, nama kopi yang dihasilkan di beberapa daerah di Indonesia sudah sangat populer hingga ke mancanegara. Salah satunya yang berasal dari Bengkulu.

Menurut Plt. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, kopi Bengkulu punya keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kopi di daerah lainnya di Indonesia. Kopi berjenis robusta ini, kata dia, memiliki citarasa aroma buah lemon, coklat dan herba yang khas.

"Ditanam di ketinggian 800-1400 di atas permukaan laut, kopi Bengkulu punya rasa yang unik, karena lahannya terdapat di pegunungan yang letaknya dipinggiran pantai. Ini mempengaruhi rasanya," ujar dia dalam acara "Semarak Kopi Bengkulu" di kawasan Car Free Day, di Jakarta, Minggu (26/11/2017).

Selain itu, lanjut dia, kopi yang ditanam di Bumi Raflesia ini, dibudidayakan secara organik, tanpa pupuk kimia dan pestisida, dengan proses pengolahan khusus dan mendapatkan predikat excellent dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Irfan Anwar, mengungkapkan bahwa kopi robusta dari Bengkulu juga merupakan varian unggulan hingga masuk menjadi peringkat 5 di Pusat Penelitian (PUSLIT) Kopi Nasional.

"Saat ini, total produksi kopi robusta secara nasional mencapai angka 650 ribu ton. Kopi Bengkulu yang banyak ditanam di daerah Kabupaten Kepahiang juga masuk ke dalam jajaran kopi terbaik Indonesia melalui berbagai kontes kopi," jelas dia.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, bahwa kopi Bengkulu masuk dalam kopi terbaik se-Indonesia.

Untuk itu, pemerintah Bengkulu, kata Rohidin berinisiatif untuk memperkenalkannya, melalui "Semarak Kopi Bengkulu" bagi pengunjung Car Free Day di Jakarta. Acara ini, lanjutnya, sekaligus membantu para petani serta pengusaha kopi Bengkulu untuk dapat terkenal.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Satu jam lagi!
Facebook Live @suaradotcom Talkshow bersama Sandiaga Uno @sandiuno membahas posisi Jakarta di mata Dunia🇮🇩
.
Hari Sabtu 16 Desember 2017 Jam 11 : 00 WIB
.
Nah kalau kamu ingin Jakarta seperti apa? 
Staytuned! Facebook: Suaradotcom📽
.
#suaradotcom #facebooklive #sandiagauno #paradigma #pemprovdkijakarta #talkshow #infojakarta #livefacebook #portalmedia  #sandiagaunountukdki #dkijakarta

INFOGRAFIS