Lamaran Kerja Ditolak? Ambil Sisi Positifnya

Angelina Donna
Lamaran Kerja Ditolak? Ambil Sisi Positifnya

Prestasi dan kepintaran yang dimiliki memang menjadikan Anda sebagai kandidat kuat untuk diterima bekerja.

Suara.com - Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya penolakan. Akan tetapi salah satu penolakan paling sakit adalah saat ditolak bekerja. Situasi ini bahkan seringkali membuat Anda patah semangat, putus asa, dan menganggap kalau semuanya sia-sia.

Anda yang lamaran kerjanya baru saja ditolak, ayo bersemangat lagi! Berdasarkan hasil survei, tidak segelintir orang saja yang mengalami penolakan. Bahkan orang yang sudah sukses sekalipun pernah ditolak sebelum akhirnya bisa meraih sukses seperti sekarang. Agar tidak berlarut dalam kesedihan, ini dia pelajaran berharga yang dapat membuat menjadi lebih baik.

Belajar untuk Lebih Rendah Hati
Sepintar apapun Anda, sebanyak apa pun prestasi yang pernah diukir, bukan menjadi sesuatu yang perlu terlalu dibanggakan bahkan membuat diri menjadi sombong. Prestasi dan kepintaran yang dimiliki tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan orang pintar di seluruh dunia.

Prestasi dan kepintaran yang dimiliki memang menjadikan Anda sebagai kandidat kuat untuk diterima bekerja. Akan tetapi, jika terlalu menyombongkan hal tersebut, perusahaan akan menganggap Anda angkuh. Orang angkuh juga sulit untuk bergabung dan berkolaborasi secara tim. Maka jangan heran jika ditolak.

Apabila penolakan terjadi karena terlalu menyombongkan diri, jadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga. Ketahui kalau sikap sombong tidak ada gunanya, malah akan membawa bencana pada karier. Oleh sebab itu, peliharalah sikap rendah hati kemanapun dan dimanapun Anda berada.

Jangan Terlalu Berharap
Tidak ada perintah yang menyatakan berharap itu dilarang. Setiap orang boleh berharap hasil terbaik atas apa yang telah dilakukannya. Termasuk ketika menjatuhkan lamaran di sebuah perusahaan. Hanya saja, menaruh harapan yang berlebihan tidaklah baik. Jika suatu ketika Anda mengalami penolakan, maka rasa sakitnya akan beribu-ribu kali lipat. Bahkan ada yang mengalami stres bahkan gila.

Agar stres tidak terjadi, mulailah untuk mengikis sifat terlalu berharap ini sedikit demi sedikit. Mulailah bersikap realistis dan belajar menerima apapun hasil yang akan didapatkan.

Jangan Jatuhkan Lamaran Hanya di Satu Perusahaan
Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pelamar kerja adalah hanya menjatuhkan lamaran di satu perusahaan saja. Padahal, ada banyak sekali perusahaan yang ada di Indonesia ini. Anda yang memiliki prestasi dan kecerdasan tentu saja bisa melamar di belasan bahkan puluhan perusahaan.

Ingat, peluang diterima bekerja menjadi sangat kecil jika lamaran hanya dijatuhkan di satu perusahaan saja. Berbanding terbalik dengan surat lamaran yang dijatuhkan di sana-sini. Peluang diterima bekerja juga jauh lebih banyak. Apabila ditolak di perusahaan yang satu, masih ada cadangan beberapa perusahaan lainnya.

Oleh karena itu, mulailah melirik beberapa perusahaan yang sesuai dengan gelar dan passion dalam diri. Jika telah menemukan perusahaan yang sesuai, masukan lamaran. Lagi pula tidak ada batasan untuk pengajuan lamaran kerja. Selagi masih bisa mendaftar di banyak perusahaan, mengapa hanya melamar di satu perusahaan?

Jadikan Kegagalan sebagai Langkah Menuju Sukses
Anda pasti sering mendengar “kegagalan adalah langkah awal menuju gerbang kesuksesan”. Percaya atau tidak, perkataan itu benar adanya. Lamaran kerja yang ditolak merupakan sebuah kegagalan yang harus dipetik nilai positifnya. Kegagalan tersebut juga harus dijadikan sebagai pelajaran paling berharga untuk menjadi sukses.

Jika suatu saat Anda masih mengalami kegagalan, tetap cari apa yang menjadi penyebab kegagalan tersebut. Lakukan penyelidikan terhadap diri sendiri. Jika penyebabnya sudah ditemukan, jangan lagi mengulangi kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya.

Terus Berusaha dan Optimis
Kegagalan bukanlah hal yang terus-menerus harus dipikirkan. Ada saatnya di mana Anda harus move on dari kegagalan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jadikan kegagalan sebagai langkah menuju kesuksesan. Tetap pertahankan optimisme dan terus berusaha meraih kesuksesan.

Sadar atau tidak, pencapaian kesuksesan merupakan campuran antara usaha dan optimisme. Apabila keduanya berjalan beriringan, kesuksesan dapat diraih dengan sangat mudah.

Tidak Ada Hasil yang Mengkhianati Usaha
Kesuksesan bukanlah sesuatu yang bisa diraih dengan jentikan jari. Ada usaha yang diperlukan untuk mewujudkannya. Percayalah kalau usaha dan kerja keras Anda akan berbuah manis ke depannya.

Jika lamaran kerja ditolak, tetap bersemangat dan berjuang sekuat tenaga. Ingat, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha.

 

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Pilih Sekolah Terbaik untuk Si Kecil, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

‘Resign’ Kerja: Ini Cara Mengganti Asuransi BPJS Ketenagakerjaan

Setelah Pensiun, Bagaimana Kewajiban Bayar Pajak Nanti?

Published by

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Selamat siang para pejuang kehidupan 💪
#QuotesOfTheDay

INFOGRAFIS