Ini Mengapa Saat Lepas Landas Meja Pesawat Harus Dilipat

Ririn Indriani | Risna Halidi
Ini Mengapa Saat Lepas Landas Meja Pesawat Harus Dilipat
Ilustrasi pesawat sedang lepas landa (take off). (Shutterstock)

Lepas landas dan mendarat adalah fase paling kritis dalam penerbangan.

Suara.com - Aturan dibuat untuk ditaati. Saat seseorang ngeyel dan tak menaati aturan, bersiaplah menerima konsekuensi tertentu.

Salah satu aturan di pesawat yang terkadang masih sering dipertanyakan kegunaannya adalah menempatkan kursi pada posisi tegak, membuka dan menutup jendela, serta melipat meja pesawat.

Ternyata, peraturan ini memiliki maksud tersendiri lho! Menurut Manager Komunikasi Perusahaan JetBlue, Morgan Johnston kepada media Travel and Leisure, peraturan ini sudah ditetapkan oleh Federal Aviation Administration atau FAA.

Aturan ini secara resmi dikenal sebagai Part 121 yang juga memuat berbagai instruksi lain seperti 'mengamankan' makanan dan minuman, serta mematikan tayangan hiburan sebelum lepas landas.

"Pada dasarnya, meja pesawat harus dilipat saat lepas landas dan mendarat sehingga mereka tidak akan menghalangi untuk mengevakuasi penumpang jika terjadi keadaan darurat," katanya.

Memang pada dasarnya, lepas landas dan mendarat adalah fase paling kritis dalam penerbangan.

Menurut sebuah studi 2014 yang dilakukan oleh Boeing, lebih dari 60 persen dari semua kecelakaan fatal terjadi dalam penerbangan adalah selama lepas landas dan pendaratan.

 

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS