Di Negara-negara Ini, Puasa Ramadan hingga 23 Jam

Angelina Donna
Di Negara-negara Ini, Puasa Ramadan hingga 23 Jam
Ilustrasi buka puasa bersama (bukber). (Shutterstock)

Di wilayah Inggris, waktu berpuasa juga terbilang sangat panjang, yakni bisa mencapai hingga 19 jam.

Suara.com - Bulan Ramadan akan segera tiba, di mana ibadah puasa mulai dijalankan di seluruh penjuru bumi ini. Bagi Anda yang akan menjalani puasa di Indonesia, tentu telah terbiasa dengan durasi puasa sekitar 14 jam.

Namun berbeda halnya bagi orang-orang yang tinggal di kawasan Eropa dan juga beberapa negara di bumi bagian Utara. Pada umumnya waktu berpuasa di negara-negara ini akan lebih panjang, bahkan jauh lebih lama dari yang Anda bayangkan.

Tidak tanggung-tanggung, di beberapa negara ini matahari bahkan hanya tenggelam selama beberapa jam saja. Begitu singkat, sehingga waktu berbuka puasa ke waktu sahur juga sangat berdekatan, bahkan ada yang kurang dari satu jam saja. Semua ini tentu akan menjadi tantangan berat bagi yang menjalani puasa di negara-negara tersebut, bukan?

Simak beberapa negara yang memiliki waktu berpuasa yang sangat panjang berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com:

Puasa 21 Jam di Helsinki, Finlandia
Kawasan ini masuk ke wilayah paling Utara bumi, di mana matahari bersinar nyaris sepanjang hari. Hal ini tentu saja membuat durasi puasa di wilayah ini menjadi begitu panjang, yakni bisa mencapai antara 20 hingga 21 jam lamanya.

Bisa dibayangkan, bagaimana singkatnya durasi antara waktu berbuka puasa dengan waktu sahurnya.

Baca Juga: George dan Charlotte Jadi Pengiring Pengantin di Royal Wedding

Tidak hanya ini saja cerita menarik dari bumi bagian Utara, di wilayah Laplandia yang terletak di bagian Utara Finlandia, matahari bahkan hanya tenggelam selama 55 menit saja. Artinya, umat muslim di wilayah tersebut akan menjalani masa puasa lebih dari 23 jam dan hanya menyisakan waktu 55 menit saja antara waktu berbuka dan sahurnya. Waktu berpuasa yang begitu panjang ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi yang menjalani puasa di wilayah tersebut.

Puasa 23 Jam di Negara-Negara Skandinavia
Masih dari dari wilayah Kutub Utara, tepatnya di berbagai negara Skandinavia yang terletak di kawasan tersebut. Kawasan yang mendapatkan sinar matahari nyaris sepanjang waktu di musim panas ini memang selalu terang benderang sepanjang hari, bahkan saat matahari tenggelam sekalipun.

Baca JugaWajib Tahu! Ini Lima Manfaat Puasa bagi Perokok

Di sana matahari hanya tenggelam sesaat saja, sehingga waktu berpuasa menjadi begitu panjang, yakni antara 21 hingga 23 jam lamanya. Di beberapa negara ini, kebanyakan umat muslim bahkan berbuka puasa sekaligus sahur secara bersamaan, karena jedanya yang begitu singkat.

Meski mengalami musim panas, namun cuaca di kawasan ini terbilang sangat dingin sepanjang tahun, sehingga membuat tantangan berpuasa semakin berat saja, terutama bagi mereka yang bekerja.

Puasa 17 Jam di New York, Amerika Serikat
Berbuka lebih lambat dan sahur lebih cepat jika dibandingkan dengan di Tanah Air, di New York waktu berpuasa bisa hampir mencapai 17 jam penuh. Di Negara Paman Sam ini, sahur dimulai sekitar pukul 3.00 pagi, sebab pukul 03.45 sudah waktunya subuh.

Baca Juga: Nikita Mirzani Cantik Berhijab, Warganet: Ngeditnya Keterlaluan

Sedangkan untuk waktu berbuka sekitar pukul 8.29 malam. Waktu berpuasa biasanya jatuh di musim panas, sehingga tantangan untuk puasa yang terbilang panjang ini juga cukup berat.

Puasa 19 Jam di Inggris
Di wilayah Inggris, waktu berpuasa juga terbilang sangat panjang, yakni bisa mencapai hingga 19 jam. Di tempat ini, waktu berbuka puasa dimulai sekitar pukul 9.30 malam. Sedangkan waktu sahurnya dimuali sekitar pukul 2 hingga pukul 3 pagi. Jika melihat jedanya yang terbilang dekat, sahur ini biasanya disatukan dengan dengan berbuka puasa sekaligus.

Puasa 17 Jam di Jepang
Masih berada di kawasan Asia, negara Jepang juga memiliki waktu puasa yang terbilang panjang. Di sini, puasa berlangsung sekitar 17 jam. Waktu berbuka puasa sekitar pukul 7.00 malam, sedangkan waktu sahurnya sekitar pukul 2.00 pagi.

Puasa 18 Jam di Belanda
Di negara Kincir Angin ini, waktu berpuasa juga terbilang sangat panjang, yakni bisa mencapai 18 jam penuh. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang berpuasa dan bekerja dengan sistem shifting.

 

 

Baca juga artikel Cermati:

Ingin Jadi Orang Kaya? Ini Caranya
Fashion Ala K-pop Idol yang Paling Banyak Ditiru oleh Para Kpopers
Apa yang Harus Dilakukan bila Barang Hilang di Bagasi Pesawat?

Published by

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS